Jawa Pos

Olah Umbi Udara Jadi Plastik Siap Makan

-

SURABAYA – Umbi lazimnya berada di dalam tanah. Meski demikian, ada pula bagian dari umbi yang muncul pada batang tanaman. Bagian yang disebut umbi udara itu menjadi sasaran penelitian mahasiswa UPN Veteran Jatim. Hasilnya, inovasi berupa plastik yang aman dikonsumsi.

Kandungan pati dalam umbi menjadi bahan dasar dalam pembuatan plastik. Dengan tambahan zat pengental, larutan pati dioleskan pada sebuah papan cetakan. Selanjutny­a, bahan tersebut dipanaskan dengan suhu 60 derajat Celsius. Lembaran plastik yang terbentuk siap digunakan sebagai kemasan. Bahkan, aman jika tak sengaja dimakan.

Agung Prasetyo, salah seorang mahasiswa inisiator, mengatakan bahwa penelitian itu bertujuan mendapatka­n komposisi plastik terbaik. Memang, kekuatan plastik yang terbentuk akan diuji terlebih dahulu. Misalnya, kekuatan melar dan kemampuann­ya menghalang­i uap. ”Harapannya, plastik ini bisa diaplikasi­kan untuk pengemasan buah,” ujarnya.

Agung merasa prihatin dengan penggunaan lilin sintetis untuk melapisi buah. Padahal, menurut dia, plastik buatannya bisa berfungsi sama dengan lilin. Selain itu, jauh lebih aman. ”Karena bisa langsung dimakan, tidak menimbulka­n limbah juga,” bebernya.

Dindi Mega, anggota tim penelitian yang lain, mengatakan, umbi udara ditemukan di berbagai wilayah Jawa Timur. Umbi udara itu merupakan bagian reproduksi dari tanaman umbi. Karena itu, ukurannya lebih kecil daripada umbi aslinya. ”Di mana ada umbi, pasti juga ditemui umbi udara,” imbuhnya.

Sementara itu, Sri Winarti, dosen pembimbing proyek penelitian tersebut, mengungkap­kan, eksplorasi umbi udara masih jarang dilakukan. Dia mengimbau mahasiswa untuk menguji kandungan dan potensinya. Selama ini, lanjut dia, penelitian berfokus pada umbinya. Kandungan ilmiah umbi udara yang merupakan produk samping jarang dipelajari. ”Ya meskipun kandungann­ya memang tidak sebanyak yang di dalam tanah,” jelasnya. (kik/c7/nda)

 ?? OKKY PUTRI RAHAYU/JAWA POS ?? AMAN DIMAKAN: Dari kiri, Dindi Mega, Bulan Yumna, Agung Prasetyo, Ardilini, dan Aprilisya Lee menunjukka­n plastik berbahan umbi udara.
OKKY PUTRI RAHAYU/JAWA POS AMAN DIMAKAN: Dari kiri, Dindi Mega, Bulan Yumna, Agung Prasetyo, Ardilini, dan Aprilisya Lee menunjukka­n plastik berbahan umbi udara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia