Jawa Pos

Bangku Kosong SMPN Masih Banyak

Belum Semua Calon Siswa Baru Daftar Ulang

-

SIDOARJO – Pelaksanaa­n daftar ulang penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahap 2 sejatinya berakhir kemarin (21/6). Namun, ternyata banyak calon siswa baru yang belum melakukan daftar ulang. Di beberapa SMPN, cukup banyak bangku yang masih kosong. Karena itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo memperpanj­ang jadwal daftar ulang tahap 2 hingga hari ini.

Di SMPN 1 Sedati, misalnya. Hingga pukul 13.30 kemarin, ada 41 siswa yang belum daftar ulang. ”Ada 54 siswa yang diterima tahap 2 ini. Tapi, ada yang belum daftar ulang. Kami sudah tunggu lama,” ujar Kepala SMPN 1 Sedati Retno Untari.

Lantaran daftar ulang diperpanja­ng sampai hari ini, pihak sekolah tetap melayani jika ada yang daftar ulang sesuai instruksi dikbud. ”Semoga segera beres semua. Apalagi, ini sudah mau Lebaran,” imbuhnya.

Selain di SMPN 1 Sedati, beberapa SMPN juga masih menyisakan bangku kosong. (Selengkapn­ya lihat grafis)

Sekretaris Dikbud Sidoarjo Tirto Adi menyatakan, pihaknya terus menunggu laporan dari seluruh SMPN. Hasil sementara, ada beberapa calon murid baru di sejumlah sekolah yang belum melakukan daftar ulang tahap 2. ”Belum 100 persen tuntas. Be- lum semua sekolah melapor ke dikbud,” katanya.

Menurut dia, dikbud menambah satu hari pelaksanaa­n daftar ulang tahap 2. Kebijakan itu dibuat lantaran ada keterlamba­tan pengumuman PPDB tahap 2 pada Senin (19/6). Sekolah yang me- miliki calon murid baru yang belum melakukan daftar ulang diberi kesempatan hingga hari ini. Dia kembali meminta sekolah wajib aktif menghubung­i calon murid bersangkut­an. Pelaksanaa­n daftar ulang tahap 2 dibuka hingga pukul 13.30.

Sementara itu, sekolah yang tuntas daftar ulang tahap 2 segera diproses dikbud untuk pembuatan surat keputusan (SK) tentang namanama murid yang resmi diterima. Tirto menjelaska­n, pengumuman PPDB tahap 2 harus molor lantaran murni ada trouble dari pihak Telkom. Meski begitu, dikbud tetap berusaha agar proses PPDB tetap berlangsun­g baik. ”Alasannya, ya seperti kemarin saya sampaikan. Karena itu, kami beri tambahan waktu,” lanjutnya.

Hasil pengumuman PPDB tahap 2 kini dapat dilihat langsung di website https://sidoarjo.siap-ppdb. com/. Namun, berbeda dengan pengumuman PPDB tahap 1, pengumuman tahap 2 langsung berbentuk PDF. Beberapa pihak khawatir proses seleksi pengisian bangkus kosong itu dilakukan melalui offline, bukan online. Para pendaftar PPDB online tahap 1 pun tidak bisa melihat ranking nilai akhir (NA) masing-masing.

Namun, Tirto menegaskan, tidak ada rekayasa dalam seleksi pengisian bangku kosong untuk pengumuman PPDB tahap 2. Menurut dia, setiap siswa tetap bisa melihat rangking NA saat pendaftara­n dengan menggunaka­n PIN masingmasi­ng. ”Kami tetap transparan,” ucapnya. (ayu/uzi/c16/hud)

Belum 100 persen tuntas. Belum semua sekolah melapor ke dikbud.” Tirto Adi Sekretaris Dikbud Pemkab Sidoarjo

 ??  ?? MEWASPADAI GANGGUAN DAN KEPADATAN: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji (dua dari kiri) beserta jajaran meninjau posko layanan mudik Lebaran di wilayah barat ke
MEWASPADAI GANGGUAN DAN KEPADATAN: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji (dua dari kiri) beserta jajaran meninjau posko layanan mudik Lebaran di wilayah barat ke
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia