Jawa Pos

Jalin Koordinasi Antisipasi Macet

-

SIDOARJO – Lebaran sebentar lagi. Ada potensi kepadatan di beberapa titik di wilayah hukum Polresta Sidoarjo. Karena itu, jajaran kepolisian dan instansi terkait semakin sibuk untuk melakukan antisipasi. Harapannya, arus mudik berjalan aman dan lancar.

Kemarin (21/6) Kapolresta Kombespol Himawan Bayu Aji bersama jajaran kembali memantau jalur mudik di kawasan barat. Dia ingin memastikan pos pengamanan di Jalan Raya Ciro, Balongbend­o, dan pos pelayanan di Jalan Raya Mliriprowo, Tarik, sudah siap. ’’Ini untuk mengawal arus mudik dan arus balik,’’ ujar Himawan di sela-sela peninjauan.

Pos-pos itu bukan hanya untuk personel yang siaga. Para pemudik pun bisa mampir. Pos tersebut mempunyai fasilitas yang relatif lengkap. Antara lain, tempat ibadah, kamar mandi, dan kursi pijat refleksi. ’’Hindari berkendara dalam kondisi tubuh yang sudah payah,’’ tuturnya.

Ada juga ruangan khusus untuk memantau closed circuit television (CCTV) yang dipasang menyebar. Karena itu, jika terjadi penumpukan volume kendaraan, petugas bisa segera bertindak. ’’Kami juga akan mengerahka­n drone untuk memantau arus lalu lintas,’’ ucap Himawan.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga berkoordin­asi dengan jajaran Satlantas Polres Mojokerto Kota. Sebab, jalur barat memiliki keterkaita­n dengan wewenang kota tersebut. Sebab, simpul kemacetan di Kota Delta tidak jarang ekornya sampai ke Mojokerto. ’’Perlu penanganan bersama. Tugas kita adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang mudik,’’ jelas lulusan Akpol 1995 itu.

Kabag Ops Polresta Sidoarjo Kompol Edi Santoso menambahka­n, ada beberapa titik yang diperkirak­an menimbulka­n hambatan. Jalan Raya Ciro, misalnya. Jalur itu memiliki bottleneck yang rawan menjadi simpul kemacetan. ’’Solusinya dibuat pos pengamanan. Kalau dibutuhkan, petugas bisa langsung merapat,’’ katanya.

Bottleneck lain juga ada di wilayah hukum Mojokerto. Yakni, di simpang empat Mertex. Selain kondisi jalan menyempit, di titik itu ada traffic light yang rawan menjadi penyebab kemacetan. (edi/c15/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia