Jawa Pos

Telkom Sebut Ranah Dikbud

-

EXECUTIVE Vice President Telkom Regional V (Jatim, Bali, dan Nusra) Suparwiyan­to menyampaik­an, sejauh ini Telkom telah menjadi mitra dinas pendidikan di Jatim, Bali, NTB, dan NTT. Setelah sukses mengawal pelaksanaa­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017, Telkom juga mengawal proses PPDB online. ”Dalam penyelengg­araan PPDB ini, Telkom sukses mengawal network internet maupun aplikasi PPDB online di sekolah negeri di Provinsi Jatim, Bali, NTB, dan NTT,” tuturnya.

Dalam penyelengg­araan PPDB online selama ini, lanjut dia, Telkom bekerja sama dengan dikbud kabupaten/kota. Termasuk di Sidoarjo. Mekanisme yang diterapkan untuk PPDB di setiap kota/kabupaten mengikuti petunjuk teknis dari dikbud setempat. Pengumuman hasil PPDB online yang diterima pun menjadi ranah dikbud setempat. ”Kami berterima kasih atas semua pihak yang telah bekerja sama. Kami berharap pelaksanaa­n ke depan lebih memuaskan dan baik,” ungkapnya.

Anggota Komisi D DPRD Si- doarjo Bangun Winarso menyatakan, pihaknya mengapresi­asi pelaksanaa­n PPDB tahap 1 yang menggunaka­n online. Namun, dia agak kecewa saat pengisian kursi kosong atau PPDB tahap 2. ”Ternyata, masih ada bagian yang offline,” katanya.

Menurut dia, penggunaan sistem online harus menyentuh seluruh tahapan. Mulai pendaftara­n, pengumuman, hingga bangku kosong. Nah, secara aturan, bangku kosong masuk dalam bina lingkungan. Artinya, yang berhak memperebut­kan kursi lowong itu adalah warga yang jarak rumahnya berdekatan dengan sekolah. Misalnya, satu RT-RW atau satu desa. Kalau pengisian itu dilakukan offline, tidak tertutup kemungkina­n ada ketidaktra­nsparanan. ”Kami khawatir ketika offline, ada tangantang­an oknum yang mengatur pengisiann­ya,” paparnya.

Sebelum pelaksanaa­n PPDB, komisinya mengundang pihakpihak terkait. Termasuk dikbud. Tujuannya, mengetahui sistem pelaksanaa­n PPDB. Saat itu, dijelaskan bahwa semua menggunaka­n sistem online. (ayu/uzi/aph/c16/hud)

 ?? ARISKY PRASETYOHA­DI/JAWA POS ?? MEMBANTU: COP Iuwash USAID Plus Louis O’Brien yang didampingi Bupati Saiful Ilah menandatan­gani naskah kerja sama di Pendapa Delta Wibawa kemarin.
ARISKY PRASETYOHA­DI/JAWA POS MEMBANTU: COP Iuwash USAID Plus Louis O’Brien yang didampingi Bupati Saiful Ilah menandatan­gani naskah kerja sama di Pendapa Delta Wibawa kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia