Jawa Pos

Dishub Mudik Gratis dengan 27 Bus

-

PARA pemudik dari Gresik terus memperoleh fasilitas kemudahan. Berangkat hari ini (22/6), mereka bisa mudik gratis ke kampung halaman masing-masing. Ada juga pasar murah.

Kemarin (21/6) diadakan rapat koordinasi antar-instansi di Kantor Dinas Perhubunga­n (Dishub) Gresik. Dalam rakor itu, dibahas pemberangk­atan dan pengamanan. Baik mudik lewat jalur darat, laut, maupun udara. Total ada 1.191 pemudik. Mereka akan berangkat dari Kantor Pemkab Gresik di Jalan Dr Wahidin Sudirohuso­do.

Para pemudik dibagi menjadi 12 kelompok dan diangkut dengan menggunaka­n 27 bus. Tujuannya, kabupaten/kota se-Jawa Timur. ”Kami bagi dalam tiga zona, yakni barat, timur, dan selatan,” jelas Kepala Dishub Gresik Andhy H. Wijaya.

Di tempat pemberangk­atan, pemkab siap mengadakan pasar murah. Pemkab mengganden­g Hasil Tani Sejahtera (HTS). ”Kegiatan itu kami adakan selama dua hari,” kata Kabaghumas Pemkab Suyono.

Selain mudik gratis, dalam rakor kemarin, dibahas persiapan angkutan Lebaran. Salah satu yang menjadi atensi adalah penyeberan­gan Gresik–Bawean. Rute tersebut bakal dilayani tiga kapal penumpang. Yakni, Express Bahari (EB), Natuna Express, dan KMP Gili Iyang.

Pelayanan arus mudik kapal Express Bahari dimulai sejak H-10 lalu. Sementara itu, kapal Gili Iyang yang biasanya berlabuh di Pelabuhan Paciran direncanak­an beroperasi di Pelabuhan Gresik. Kapal tersebut dimanfaatk­an untuk mengangkut penumpang-barang. ”Secara keseluruha­n, kami berkolabor­asi dengan berbagai instansi,” ujar Suyono. (ris/c23/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia