Jawa Pos

Tidak Bisa Selamat, Segera Tinggal

-

GRESIK – Mobil Suzuki Ertiga melaju tanpa kendali. Pengemudi motor di depan mobil terseruduk hingga jatuh. Orang yang sedang duduk di sebuah warung pun ditabrak. Korban berjatuhan. Total ada empat korban kecelakaan akibat kelalaian pengemudi mobil. Satu orang meninggal di tempat. Tiga lainnya terluka parah.

Tidak lama, ambulans datang. Dokter dan perawat langsung mengevakua­si korban kecelakaan. Mereka memeriksa orang yang tergeletak di depan mobil.

Kemudian, perawat dan dokter mengevakua­si pengemudi mobil yang tidak sadarkan diri. Korban lain yang terluka hanya diperban untuk menghentik­an pendarahan. ”Tenaga kesehatan harus bisa melihat mana yang harus diprio- ritaskan,” ujar Kepala IGD RS Semen Gresik dr Tolip Bahasuan saat mendamping­i para perawat dan dokter dalam simulasi penanganan korban kecelakaan di Wisma Jenderal Ahmad Yani, Jalan Veteran, kemarin (21/6).

Menurut Tolip, penanganan kasus kecelakaan tidak hanya melalui teori. Harus praktik di lapangan untuk mengetahui kondisi korban sebelum melakukan evakuasi. ”Dokter dan perawat harus berani menentukan. Yang tidak bisa diselamatk­an segera ditinggal,” ucapnya.

Dalam simulasi tersebut, yang pertama diperiksa adalah orang yang tergeletak di depan mobil. Diskenario­kan, napas korban sudah tersengal-sengal. Setelah dipastikan, korban ternyata tidak bisa diselamatk­an dan meninggal di tempat. ( adi/c7/dio)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia