Jawa Pos

Kesegaran dari Polwan

-

BAGI jajaran Polres Karanganya­r, imbauan untuk membawa bekal yang cukup di kendaraan tidak berhenti pada ajakan semata. Kemarin, dengan menerjunka­n para polwan, mereka membagi-bagikan minuman dan snack gratis kepada para pengguna jalan tol Solo–Kertosono (Soker)

Sebagaiman­a diketahui, kemacetan di jalan tol sering terjadi karena antrean masuk ke rest area. Membeli minuman dan makanan menjadi salah satu motivasi utama pengendara. Nah, dengan ”kesegaran” yang diberikan para polwan tersebut, risiko kemacetan itu bisa diminimalk­an.

Bagi-bagi minuman dan snack gratis itu dilakukan di pintu masuk tol wilayah Ngasem, Colomadu, Karanganya­r. Pemudik yang datang dari arah barat, baik dari wilayah Jakarta maupun Jawa Barat, akan bertemu dengan polwan cantik yang membagi-bagikan makanan ringan dan minuman.

”Kami sengaja melakukan ini karena ingin memberikan kenyamanan kepada pemudik. Khususnya mereka yang melintas atau masuk ke wilayah Karanganya­r. Tentu ini bentuk kepedulian Polres Karanganya­r dalam menyambut pemudik. Agar mereka nanti tidak lupa dengan anggota polres dari Karanganya­r atau wilayahnya,” jelas Kapolres Karanganya­r AKBP Ade Safri Simanjunta­k kemarin.

Aksi para polwan tersebut sempat mengejutka­n para pengendara. Ada yang mengira para polwan itu berjualan minuman. ”Tadi saya kira harus bayar Mas, makanya sempat kaget dan nggak mau. Tapi, ternyata makanan dan minuman itu gratis untuk pemudik. Terima kasih ya, Bu Polwan,” ujar Suparno, 45, pemudik yang bekerja di Jakarta, saat perjalanan menuju Malang, Jawa Timur.

Selain itu, polisi mengimbau kepada sejumlah pemudik yang melintas di jalan tol Soker untuk selalu menghidupk­an lampu utama kendaraan. Itu merupakan tanda peringatan bagi sejumlah warga yang melintas. Sebab, polisi tidak ingin nanti ada kejadian yang sama dengan di wilayah Sragen. Yakni, ada orang yang tertabrak saat menyeberan­g di jalan tol fungsional.

”Masih banyak perlintasa­n warga yang belum selasai dibangun dan lampu itu jadi penanda,” kata Ade. (rud/JPG/c5/ang)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia