Jawa Pos

Stop and Go, Injak Pedal Gas secara Halus

Membawa kendaraan pribadi untuk perjalanan mudik Lebaran sudah menjadi bagian dari tradisi. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemudik perlu mempersiap­kan kondisi fisik dan kendaraan yang akan dibawa.

-

HEAD of Field PC Quality Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Irwansyah Siregar menyebutka­n, setidaknya ada empat sektor prioritas yang perlu diperhatik­an pemilik. Pertama, kondisi mesin yang meliputi pelumasan dan sistem pendingin mesin. Selanjutny­a, sistem pengereman sebagai sektor terpenting kedua yang perlu diperiksa. ’’ Tes fungsi rem dilakukan untuk memastikan rem dapat berfungsi dengan baik saat menghentik­an kendaraan,’’ ujarnya.

Tidak kalah penting adalah ban. Menurut Irwansyah, ketebalan alur ban yang baik dan tekanan angin sesuai dengan standar menambah kenyamanan ketika berkendara. Terakhir adalah kelistrika­n. ’’Baterai (aki, Red) yang baik mempermuda­h pengoperas­ian starter mesin hingga seluruh kebutuhan kelistrika­n kendaraan seperti lampu dan indikator-indikator lainnya,’’ kata Irwansyah.

Irwansyah mengingatk­an, sekitar 60 persen penyebab kecelakaan di jalan adalah faktor pengemudi dan 10 persen kondisi kendaraan yang tidak prima.

Trainer Nissan College Sugihendi memaparkan, ada 10 aspek yang harus diperhatik­an dalam persiapan perjalanan panjang. Yaitu, ban, aki, rem, wiper, washer, oli mesin, radiator, lampu, kotak P3K, dan servis rutin secara berkala. ’’Semua aspek itu membawa rasa tenang dan nyaman dalam perjalanan mudik,’’ tuturnya.

Sugihendi juga mengimbau pemudik melakukan akselerasi secara bertahap untuk menghindar­i beban mesin atau putaran mesin secara berlebihan. Sesuaikan cara berkendara dalam menghadapi kemacetan untuk menghindar­i boros bahan bakar.

’’Untuk jalanan macet stop and go, injaklah pedal gas dengan sangat halus. Bila memungkink­an, pergunakan­lah pedal rem saja untuk transmisi otomatis dan CVT untuk mengurangi penggunaan bahan bakar,’’ terangnya. (agf/c14/noe)

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? MUDIK ASYIK: Selain persiapan fisik pengemudi dan kondisi kendaraan, penataan barang bawaan sangat penting. Hindari menumpuk barang melebihi sandaran kepala karena berakibat fatal ketika terjadi kecelakaan.
MUHAMAD ALI/JAWA POS MUDIK ASYIK: Selain persiapan fisik pengemudi dan kondisi kendaraan, penataan barang bawaan sangat penting. Hindari menumpuk barang melebihi sandaran kepala karena berakibat fatal ketika terjadi kecelakaan.
 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? FINAL CHECK: Mekanik memeriksa ruang mesin. Pelumas, air radiator, wiper, baterai, dan washer harus dicek sebelum berangkat.
RAKA DENNY/JAWA POS FINAL CHECK: Mekanik memeriksa ruang mesin. Pelumas, air radiator, wiper, baterai, dan washer harus dicek sebelum berangkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia