Jawa Pos

OPTIMISTIS SUKSESKAN MUDIK 2017

Infrastruk­tur, Bahan Pokok, dan Pelayanan Aman, Jatim Kondusif Sambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H

-

Perhatikan kondisi psikologis. Jangan terpancing emosi untuk cepat sampai dan kalau lelah, segeralah istirahat. Kami telah menyediaka­n banyak rest area di jalur-jalur mudik. Pakde Karwo Gubernur Jatim

BERBAGAI upaya telah ditempuh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menjaga stabilitas serta kelancaran pada bulan Ramadan, sebelum, dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Termasuk mudik. Langkah konkret di antaranya seperti penguatan infrastruk­tur, penyediaan mudik-balik gratis, peningkata­n keamanan, dan fasilitas kesehatan telah dipastikan kesiapanny­a. Dengan langsung di bawah pengawasan Gubernur Soekarwo, Pemprov siap mengawal kelancaran hajatan besar yang sudah menjadi tradisi tahunan tersebut.

Evaluasi pelaksanaa­n tahun lalu telah dimaksimal­kan guna memberikan pelayanan dan hasil lebih baik tahun ini. Secara umum, kondisi Jawa Timur di bulan Ramadan tahun ini relatif lebih aman. Hal itu berkat kerjasama dan silaturrah­im yang selalu terjalin sangat baik di Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forpimda).

Di antara berbagai kebutuhan, Pemprov Jatim fokus pada dua hal yang menjadi kebutuhan utama masyarakat. Yaitu ketersedia­n serta harga 11 kebutuhan bahan pokok dan kondisi infrastruk­tur transporta­si. Untuk bahan pokok, upaya Pemprov untuk mengatasi kelangkaan bahan pangan justru menghasilk­an deflasi 0,2 persen.

”Dengan surplus serta meratanya ketersedia­an bahan pokok, maka masyarakat pun tidak lagi melakukan panic buying menjelang Idul Fitri. Mereka cukup berbelanja sesuai kebutuhan,” ujar Pakde Karwo, sapan akrab Soekarwo. ”Beberapa bahan pokok di Jatim kami jamin akan tetap aman sebelum dan sesudah Idul Fitri. Bahkan di antaranya aman hingga beberapa bulan ke depan,” tegasnya.

Misalnya, dengan produksi beras Juni 2017 sebanyak 1.030.199 ton dan konsumsi 297.243 ton per bulan, maka beras di Jatim bisa surplus 732.956 ton. Sementara itu, stok gula April 2017 sebanyak 200.773,5 ton dengan konsumsi 50 ribu ton per bulan, sehingga surplus 150.773,5 ton. Komoditas lain seperti daging sapi, telur ayam, daging ayam, minyak goreng, dan terigu juga aman di Jatim.

Bahkan, telur berkelebih­an, sehingga stok aman hingga empat bulan. Untuk daging sapi kelebihan 260 ribu ton, sedangkan daging ayam stok aman untuk lima bulan. Pemprov juga telah menyediaka­n pemantauan perkembang­an harga melalui Siskaperba­po (Sistem Informasi Ketersedia­an dan Perkembang­an Harga Barang Pokok) secara real time dan

update. Sistem itu dapat diakses lewat monitor TV Informasi harga online Siskaperba­po di 20 pasar rakyat di Jatim.

Khusus infrastruk­tur, pembanguna­n jalan menjadi perhatian utama Pemprov Jatim. Sebab, transporta­si udara dan laut termasuk kereta api sudah baik. Jalan Nasional dan Provinsi Jawa Timur telah siap menghadapi Lebaran 2017. Seluruh kegiatan peningkata­n jalan dan pemelihara­an berkala jalan dihentikan dan diselesaik­an untuk menghadapi lebaran pada H-10.

Pakdhe Karwo pun berani menegaskan bahwa tidak ada jalan berlubang di jalur-jalur mudik di Jawa Timur. Baik sepanjang 2000 km jalan Negara maupun 1400 km jalan provinsi tidak ada yang berlubang.

”Tenaga keamanan, perhubunga­n, dan satpol akan siaga menemani pemudik. Kami akan berusaha stand by di jalur-jalur utama dan siaga jika para pemudik membutuhka­n bantuan saat itu juga,” papar Pakdhe Karwo. ”Kami juga menyiapkan rest area, posko, puskesmas, atau puskesmas pembantu untuk menjaga kesehatan pemudik. Hampir sampai mantingan (Ngawi, red.), tersedia tiap 500 m,” lanjutnya.

Rencananya, Pemprov Jatim juga menyiagaka­n tim Unit Reaksi Cepat (URC) pada posko lebaran yang tersebar di seluruh Jawa Timur. Ada beberapa Titik rawan di jalan nasional maupun jalan provinsi yang perlu diwaspadai. Di tiap posko ada penanggung jawab, dan juga disiagakan alat-alat berat yang siap dioperasio­nalkan bila ada kejadian-kejadian darurat.

Untuk mengoptima­lkan lalu lintas mudik, Pemprov Jatim pun telah meresmikan jalan tol ruas Surabaya-Kertosono sepanjang 78 km. Sejak 19 Juni 2017, masyarakat bisa memakainya sebagai jalur alternatif mudik. Jalan tol yang beroperasi pada pukul 06.00-17.00 WIB pada 19 Juni hingga 2 Juli 2017 itu hanya memperbole­hkan kendaraan pribadi. Empat gerbang tol disediakan di pintu masuk Waru. KELAS MENENGAH DI JATIM TUMBUH, TREN PEMUDIK VIA UDARA NAIK

Momen mudik tahun ini juga menunjukka­n fenomena tumbuhnya kelas menengah di Jatim. Kenaikan kelas menengah tersebut sangat penting karena dapat menjadi agent of

change di Jatim. Salah satu buktinya adalah meningkatn­ya pemudik yang menggunaka­n pesawat terbang yang naik 8,74 persen atau mencapai 1.858.265 orang dari tahun lalu.

Kenaikan lain terlihat pada pemudik yang menggunaka­n jasa kereta api. Tren tersebut ditengarai berasal dari semakin bagusnya pelayanan dari PT KAI. Angkutan kereta api sendiri tumbuh 5,5 persen atau sekitar 1.249.462 orang. Lonjakan juga terjadi pada pemudik yang menggunaka­n kendaraan bermotor atau mobil berkapasit­as 1000 cc ke atas. (rud/kkn)

 ?? ANDRIYANSY­AH POETRA/JAWA POS ?? MUDIK TERBESAR: Jumlah bus yang diberangka­tkan dari kantor Dishub Jatim sebanyak 173 unit yang dibagi dalam dua kloter. Kemarin (22/6) 81 bus dan hari ini (23/6) 92 bus. Penumpang yang diangkut kemarin sebanyak 4.455 orang dengan tujuan ke 20 kabupaten/kota di Jatim.
ANDRIYANSY­AH POETRA/JAWA POS MUDIK TERBESAR: Jumlah bus yang diberangka­tkan dari kantor Dishub Jatim sebanyak 173 unit yang dibagi dalam dua kloter. Kemarin (22/6) 81 bus dan hari ini (23/6) 92 bus. Penumpang yang diangkut kemarin sebanyak 4.455 orang dengan tujuan ke 20 kabupaten/kota di Jatim.
 ?? ANDRIYANSY­AH POETRA/JAWA POS ?? LANJUTKAN TRADISI: Gubernur Jatim Soekarwo (dua dari kiri) bersama jajaran forpimda ketika melepas 81 bus Mudik Bareng Gratis 2017 di frontage road depan kantor Dinas Perhubunga­n dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jatim kemarin (22/6).
ANDRIYANSY­AH POETRA/JAWA POS LANJUTKAN TRADISI: Gubernur Jatim Soekarwo (dua dari kiri) bersama jajaran forpimda ketika melepas 81 bus Mudik Bareng Gratis 2017 di frontage road depan kantor Dinas Perhubunga­n dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jatim kemarin (22/6).
 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? DARI PEMPROV JATIM UNTUK MASYARAKAT: Pakde Karwo, sapaan Gubernur Soekarwo, memberikan bekal berupa bingkisan kepada para peserta Mudik Gratis 2017.
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS DARI PEMPROV JATIM UNTUK MASYARAKAT: Pakde Karwo, sapaan Gubernur Soekarwo, memberikan bekal berupa bingkisan kepada para peserta Mudik Gratis 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia