Jawa Pos

Debu Halangi Jarak Pandang Pemudik

-

JOMBANG – Debu beterbanga­n di ruas jalan tol Soker (Solo–Kertosono) wilayah Bandarkedu­ngmulyo, Jombang. Hal itu terasa sejak jalan tersebut belum difungsika­n.

Sisi kanan dan kiri jalan masih berupa tanah. Penyiraman pun hanya dilakukan dua kali.

’’Memang benar, di sana banyak debu karena lebih banyak tanah. Kanan dan kiri jalan masih berupa tanah,’’ ujar Indra Rismawansy­ah, PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Soker II, saat dihubungi melalui sambungan seluler kemarin.

Dia mengakui, setelah resmi difungsika­n Senin lalu (19/6), cukup banyak kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut. Akibatnya, debu yang beterbanga­n di sekitar jalan itu tak terelakkan. Puncaknya terjadi saat siang. Debu yang tersapu angin beterbanga­n sehingga jarak pandang pemudik sedikit terganggu.

’’Makanya, mulai keluar ruas Moker seksi IV, kami pasang rambu agar kecepatan kendaraan dikurangi supaya debu tidak semakin banyak. Kasihan kendaraan paling belakang, pasti tertutup debu,’’ terangnya.

Untuk sementara, tambah Indra, sudah dipersiapk­an penanganan berupa penyiraman, baik di jalan tol fungsional maupun tanah sisi kanan dan kiri jalan. Namun, penyiraman tidak dilakukan setiap waktu, hanya waktu tertentu.

Alasannya, jika penyiraman dilakukan setiap jam, dikhawatir­kan lalu lintas akan terganggu. ’’Memang benar, paling banyak saat siang. Tapi, penyiraman sudah kami lakukan pagi dan sore. Jadi, sudah ada tangki yang disiapkan di lokasi,’’ ungkapnya.

Selain debu yang beterbanga­n, pemudik harus mengurangi kecepatan kendaraan karena ruas jalan itu menyeberan­gi tiga jembatan. Masing-masing dua jembatan bailey dan jembatan Sungai Brantas. Yang paling terlihat tentu saat melintasi jembatan Sungai Brantas. Kondisi jalan menanjak mulai persimpang­an jalan desa hingga masuk ke jembatan tersebut. (fid/nk/c21/diq)

 ?? AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG ?? DIPAKSAKAN: Kondisi jalan tol fungsional Solo–Kertosono, tepatnya di Dusun Kedunggabu­s, Desa Bandarkedu­ngmulyo, Kecamatan Bandarkedu­ngmulyo, Kabupaten Jombang, sangat memprihati­nkan.
AINUL HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG DIPAKSAKAN: Kondisi jalan tol fungsional Solo–Kertosono, tepatnya di Dusun Kedunggabu­s, Desa Bandarkedu­ngmulyo, Kecamatan Bandarkedu­ngmulyo, Kabupaten Jombang, sangat memprihati­nkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia