Jawa Pos

Agendakan Sekali Uji Coba

Persiapan Garuda Asia di Piala AFF U-15

-

JAKARTA – Pelatih timnas U-15 Fakhri Husaini terus memaksimal­kan performa tim besutannya sebelum tampil di Piala AFF U-15 di Thailand Juli mendatang. Ya, kendati masa persiapan ke Thailand tinggal menghitung hari, Fakhri tetap berencana mengagenda­kan satu kali pertanding­an uji coba untuk mengukur perkembang­an para pemain.

’’Ini penting untuk mengukur sejauh mana progresivi­tas para pemain,’’ kata Fakhri. ’’Sebab, setelah ikut turnamen di Vietnam, ada beberapa evaluasi yang kami lakukan. Itu harus kami lihat sejauh mana perkembang­an permainan anak-anak setelah evaluasi tersebut,’’ sambungnya.

Lantas, tim mana yang akan dipilih untuk menjadi lawan tanding bagi Hamsah Lestaluhu dan kawan-kawan tersebut? Menurut Fakhri, saat ini dirinya bersama jajaran pelatih sedang melakukan kajian untuk menentukan tim mana yang pantas menjadi lawan sparing. Apakah melawan tim yang levelnya di atas atau di bawah.

Fakhri menjelaska­n, kalau melawan tim yang levelnya di atas, hampir semua sektor akan teruji. Sebab, secara otomatis, tekanan yang diterima akan jauh lebih besar. Mulai lini bertahan sampai kualitas para penyerang yang harus lebih gesit untuk menembus barisan pertahanan.

Sebaliknya, kalau melawan tim yang lebih rendah, hanya para striker yang diberi tantangan untuk menunjukka­n ketajaman mereka mencetak gol. ’’Intinya, kami masih mencari lawan. Namun, saya pastikan kami hanya bisa melawan tim-tim lokal,’’ kata pria yang termasuk legenda timnas Indonesia itu.

Di Piala AFF U-15, Indonesia akan menjalani pertanding­an pembuka melawan Myanmar. Bagi Fakhri, laga perdana tersebut sangat penting untuk menentukan langkah selanjutny­a di turnamen tersebut. ’’Myanmar tim yang bagus, solid. Vietnam saja dalam tekanan saat melawan mereka. Saya tidak tahu sejauh mana nanti perubahan mereka di AFF nanti,” jelasnya.

Sebagaiman­a diketahui, saat menjuarai turnamen internasio­nal U-15 di Vietnam dua pekan lalu, Indonesia pernah bertemu Myanmar pada pertanding­an perdana. Hasilnya, Garuda Asia –julukan timnas U-15– menang telak dengan skor 4- 1. Meski begitu, Fakhri enggan meremehkan tim yang pernah dia kalahkan itu.

Di sisi lain, media officer timnas U-15 Muhammad Farhan mengatakan, Garuda Asia berencana bertolak ke Thailand pada pekan pertama Juli. ’’Kami masih menunggu siapa saja pemain yang akan diboyong Fakhri ke Thailand untuk memesan tiket mereka. Paling tim berangkat sekitar 5 sampai 7 Juli,’’ ungkapnya. (ben/c17/tom)

 ?? SIDIK MAULANA TUALEKA/JAWA POS ?? TIDAK LIBUR: Pemain timnas U-15 tetap berlatih untuk persiapan Piala AFF Juli nanti.
SIDIK MAULANA TUALEKA/JAWA POS TIDAK LIBUR: Pemain timnas U-15 tetap berlatih untuk persiapan Piala AFF Juli nanti.
 ??  ??
 ?? SIDIK MAULANA TUALEKA/JAWA POS ?? KOMPAK: Pemain timnas U-15 sebelum latihan di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur.
SIDIK MAULANA TUALEKA/JAWA POS KOMPAK: Pemain timnas U-15 sebelum latihan di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia