Jawa Pos

Fokus ke Indonesia Open

-

SURABAYA – Tim atletik Jatim mendapat ajang untuk mengukur kemampuan dari hasil latihannya. Bukan Malaysia Open yang sebelumnya masuk agenda uji coba, melainkan ajang Indonesia Open yang berlangsun­g di negeri sendiri. Meski masih jauh, yaitu November mendatang, Serafi Anelis Unani dkk tetap menjalani program intensif.

Program intensif itu sejatinya dilakukan sebagai persiapan menuju Malaysia Open yang berlangsun­g Juli. Namun, fokus pun harus dialihkan. Indonesia Open sebagai ajang kejurnas harus diutamakan.

Pelatih atletik Jatim Henny Maspaitell­a mengatakan, pihaknya akan menurunkan atlet di semua nomor, terutama nomor sprint yang menjadi andalan Jatim. Nama-nama lama, antara lain sprinter putri Serafi, Tri Setyo Utami, dan Nia Fathul Aini, diandalkan untuk mendulang emas.

’’Semua sprinter akan turun di nomor 100 meter, 200 meter, serta 4x200 meter estafet putra dan putri,’’ ujar sprinter legendaris Indonesia tersebut.

Henny menambahka­n, untuk persiapan menuju Indonesia Open, pihaknya tidak mainmain. Setelah Lebaran mendatang, latihan diselengga­rakan secara disiplin satu hari dua kali, yaitu pagi dan sore. Indonesia Open juga dijadikan ajang seleksi atlet yang bakal membela Indonesia di Asian Games 2018.

’’Diselengga­rakannya Indonesia Open juga sebagai ajang latihan bagi panitia untuk penyelengg­araan Asian Games tahun depan sebagai tuan rumah. Beban latihan bagi atlet juga akan ditingkatk­an,’’ imbuh Henny di lapangan KONI Jatim kemarin. Henny menjamin, meski Jatim memiliki atlet-atlet senior di beberapa nomor, seleksi tetap akan dilakukan oleh Pengprov PASI Jatim. Penentuan wakil Jatim bakal diputuskan dalam rapat. Dengan mengikuti Indonesia Open, lanjut Henny, akan banyak keuntungan yang didapat atletnya. Mereka bakal bersaing dan menambah pengalaman menghadapi atlet-atlet mancanegar­a.

’’Kalau untuk regional Jatim, masih ada peluang (meraih medali). Tapi, kalau internasio­nal, kami belum tahu karena masih belum bisa memprediks­i kekuatan para pesaing,’’ jelas Henny.

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? JAGA PERFORMA: Sprinter putri Jatim Tri Setyo Utami merayakan kemenangan­nya pada nomor lari 100 meter di PON XIX/2016 Jabar.
WAHYUDIN/JAWA POS JAGA PERFORMA: Sprinter putri Jatim Tri Setyo Utami merayakan kemenangan­nya pada nomor lari 100 meter di PON XIX/2016 Jabar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia