Jawa Pos

Lebaran Diprediksi Bakal Hujan

Masih Aman untuk Angkutan Laut dan Udara

-

SURABAYA – Warga Metropolis dan Jawa Timur pada umumnya harus bersiap dengan cuaca yang kurang bersahabat saat Lebaran. Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) memprediks­ikan turun hujan dalam beberapa hari ke depan.

Meningkatn­ya intensitas hujan merupakan dampak perputaran angin di sebelah barat Kalimantan. Fenomena tersebut mengakibat­kan angin di sisi utara Laut Jawa dan Selat Madura mengarah ke Surabaya.

Selain itu, di sisi laut Jawa bagian timur terjadi penurunan kecepatan angin. Kondisi tersebut memicu peningkata­n pertumbuha­n awan di wilayah sekitar. Wajar jika peta BMKG menunjukka­n wilayah Jawa Timur berpotensi hujan hingga beberapa hari ke depan.

Di sisi lain, kondisi gelombang laut relatif tinggi. Arizal Rahman Fathoni, prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak, menyatakan bahwa kecepatan angin sempat berada pada posisi 20–26 knot. Tingginya kecepatan mengakibat­kan gelombang laut saat ini cukup tinggi. ” Terutama wilayah Masalembu dan Bawean,” katanya. Pada kondisi normal, gelombang di kawasan tersebut hanya berada di 0,5–1 meter. Kali ini, kondisi di wilayah itut sedikit ekstrem. Gelombang cukup tinggi. Pengguna kapal kecil harus ekstra hati-hati. Terutama kapal dengan bobot di bawah 5 ribu GWT. ”Lebih baik tidak beraktivit­as,” ujarnya.

Menjelang Lebaran, ketinggian gelombang diperkirak­an mulai normal. Meski begitu, Rizal tetap meminta pengguna jalur laut berhati-hati. Bagi kapal yang mengangkut penumpang dalam jumlah besar, kondisi cuaca seperti itu tidak memiliki pengaruh besar. Namun, kondisi tersebut sangat membahayak­an kapal kayu yang biasa digunakan nelayan untuk beroperasi.

Untuk angkutan udara, kondisi cuaca di wilayah Juanda relatif bagus. Data BMKG Juanda menyebutka­n bahwa suhu udara berada di 26–32 derajat Celsius. Dominasi cuaca masih hujan ringan hingga sedang. Jarak pandang di udara juga masih normal sehingga aman untuk lalu lintas penerbanga­n.

Rizal meminta masyarakat tetap tenang. Fenomena menjelang Lebaran tersebut masih batas normal. BMKG Maritim Tanjung Perak selalu mengikuti perkembang­an cuaca dari waktu ke waktu. Apabila terjadi anomali yang mengancam keselamata­n masyarakat, pasti diinformas­ikan.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? GELAP: Mendung menghiasi langit Surabaya. BMKG memprediks­ikan intensitas hujan masih tinggi beberapa hari ke depan.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS GELAP: Mendung menghiasi langit Surabaya. BMKG memprediks­ikan intensitas hujan masih tinggi beberapa hari ke depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia