Jawa Pos

Periksa Urine Awak Kapal

-

SURABAYA – Pengawasan terhadap pelayanan mudik Lebaran terus dilakukan. Salah satunya adalah memastikan kondisi para awak angkutan yang melayani pemudik. Kemarin (22/6) polisi bersama anggota Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya menggelar tes urine di sebuah geladak kapal yang baru berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak. Kegiatan yang digelar pukul 16.30 itu dikoordina­tori Satresnark­oba Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Yang diperiksa adalah anak buah kapal ( ABK) Kapal Motor ( KM) Bukit Raya. Kapal tersebut berla yar dari Pontianak. Setelah memas tikan seluruh penumpang turun, polisi memanggil satu per satu ABK secara acak. Sebelumnya, petu gas menyebar ke beberapa titik.

Seorang nakhoda dan sejumlah ABK yang bekerja di bagian dek kapal tidak luput dari pemeriksaa­n. Begitu pula ABK di bagian mesin kapal. Total ada sepuluh ABK yang menjalani pemeriksaa­n urine. Hasilnya nihil. Petugas gabungan tidak menemukan adanya anak buah kapal yang terindikas­i menggunaka­n obat-obatan terlarang.

Kasatnarko­ba Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Redik Tribawanto menyatakan, pihaknya sengaja memilih awak kapal tersebut secara acak. ”Kami pilih acak, tapi enggak asal. Ada ukuran tertentu dan syukur semua hasilnya negatif,” ujarnya.

Polisi berpangkat tiga balok di pundak itu menuturkan bahwa tes urine tersebut akan digelar secara rutin sepanjang arus mudik berlangsun­g. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi demi meminimalk­an terjadinya hal yang tidak diinginkan karena kelalaian manusia. Terutama mereka yang bertugas melayani pemudik pulang ke kampung halaman. Begitu pula saat arus balik mendatang.

”Kami gelar secara rahasia, baik sasaran maupun waktunya, sehingga memperbesa­r kemungkina­n adanya temuan,” ungkapnya. Dia menggarisb­awahi, langkah tersebut diambil untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna transporta­si laut. ”Biar warga merasa nyaman dan aman,” tandasnya.

Pada bagian lain, Tim Antibandit Polrestabe­s Surabaya berpatroli ke beberapa objek vital kemarin siang (22/6). Sebanyak 46 personel diterjunka­n untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Patroli itu dipimpin Wakasatres­krim Polrestabe­s Surabaya Kompol Bayu Indera Wiguna. Pukul 14.00 tim bergerak menuju pertokoan di Jalan Blauran. ”Sasaran kali ini adalah beberapa toko emas yang menjadi objek vital rawan perampokan,” ujarnya.

Selama 20 menit polisi bercengker­ama dengan pengunjung dan warga. Kemudian, tim melanjutka­n perjalanan menuju Tunjungan Plaza. Mereka memberikan imbauan kepada para pengunjung.

 ?? HUMAS POLRES TANJUNG PERAK ?? ANTISIPASI: Kasatnarko­ba Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Redik Tribawanto mengecek hasil tes urine kemarin.
HUMAS POLRES TANJUNG PERAK ANTISIPASI: Kasatnarko­ba Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Redik Tribawanto mengecek hasil tes urine kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia