Jawa Pos

ITS Turunkan Dua Tim

-

SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mengirim mahasiswan­ya untuk berkompeti­si di luar negeri. Rektor ITS Joni Hermana melepas dua tim. Yakni, tim Marine Solar Boat Jalapatih dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS.

Tahun ini tim Jalapatih akan bertarung di ajang internasio­nal. Namanya Monaco Solar and Electric Boat Challenge 2017. Perlombaan tersebut dilaksanak­an 12–15 Juli.

Ketua Tim Jalapatih ITS Muhamad Azka Asykarulla­h menuturkan, tim yang beranggota 10 mahasiswa itu berangkat pada 7 Juli. Kapal diberangka­tkan lebih dahulu ke Monaco pada 3 Juli melalui paket udara.

Tim yang berasal dari departemen teknik sistem perkapalan itu baru pertama mengikuti kompetisi tahunan di Monaco. Tahun ini tim Jalapatih merupakan satu-satunya perwakilan dari Asia. Lawan yang akan mereka hadapi berasal dari Prancis, Belanda, Belgia, Monaco, dan Brasil.

Kapal Jalapatih III dirancang lebih ringan. Sebab, residu dari bahan fiber karbon untuk pembuatan bodi kapal dikeluarka­n. Saat ini berat bersih kapal mencapai 140 kilogram dengan panjang 5,25 meter.

Sementara itu, tim PSM ITS tahun ini akan berlaga dalam perayaan 70th Anniversar­y Llangollen Internatio­nal Musical Eisteddfod 2017 di North Wales, United Kingdom (UK), 3–9 Juli. ” Tahun ini ada 29 peserta yang diterbangk­an ke Inggris,” ujar Ketua PSM ITS Gusti Putra Pradana setelah berpamitan di ruang rektor kemarin (22/6).

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SIAP BERLAGA: Kapal Jalapatih III saat rilis di Sungai Kalimas April lalu. Kapal ini akan ikut lomba di Monaco.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SIAP BERLAGA: Kapal Jalapatih III saat rilis di Sungai Kalimas April lalu. Kapal ini akan ikut lomba di Monaco.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia