Jawa Pos

Akhirnya Bisa Bebas saat Hari Raya

-

SIDOARJO – Lukman Nur Hakim dan Nyamini tak sabar menunggu Idul Fitri tiba. Kemarin (22/6), dua napi di Lapas Kelas IIA Sidoarjo itu terlihat bahagia. Maklum, keduanya telah menerima surat keputusan (SK) remisi. Lebaran nanti, mereka berdua keluar penjara. ”Mau ke rumah dulu di Gedangan, terus pulang kampung ke Medan,” kata Nyamini.

Perempuan 41 tahun tersebut dihukum tujuh bulan 15 hari. Karena mendapat remisi, Nyamini hanya menjalani hukuman enam bulan lima hari. Napi kasus pencurian itu pun bahagia karena bisa kembali berkumpul dengan keluarga.

Kebahagiaa­n serupa terpancar di wajah Lukman. Lebaran nanti, pria 32 tahun tersebut bisa berjumpa dengan sanak keluarga. Napi kasus pil koplo itu mengaku tak sabar menanti hari. ”Senang sekali bebas pas hari Lebaran,” ujar napi yang divonis penjara setahun enam bulan tersebut.

SK remisi Nyamini dan Lukman diserahkan langsung oleh Plt Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jatim Ajar Anggono yang didampingi Kepala Divisi Pemasyarak­atan Harun Sulianto. ’’Saat ini ada 14.016 napi di Jatim. Yang diusulkan remisi khusus Idul Fitri tahun ini mencapai 12.196 orang,’’ terang Anggono.

Terdapat 1.820 orang yang belum memenuhi syarat untuk mendapat remisi. ”Sebab, merek tidak beragama Islam dan men jalani pidana kurang dari enam bulan,” jelas Anggono.

Khusus di Lapas Kelas IIA S doarjo, ada 223 napi yang diu sulkan. ”Kami mengusulka napi pidana umum dan pidan khusus untuk mendapat remi sebanyak 202 orang,” tutur Ka Pembinaan Narapidana da Anak Didik Fathurrosi.

Sebagian besar napi yang mem peroleh remisi merupakan nap kasus narkoba. ”Hanya dua nap yang mendapat remisi dan lang sung bebas saat Idul Fitri. Yakn Lukman dan Nyamini,” imbu Ranggah. (may/c18/hud)

 ??  ?? BERGEMBIRA: Kasi Pembinaan Napi dan Anak Lapas Kelas IIA Delta Didik Fathurrosi berfoto dengan para napi yang menerima remisi khusus Idul Fitri kemarin (22/6).
BERGEMBIRA: Kasi Pembinaan Napi dan Anak Lapas Kelas IIA Delta Didik Fathurrosi berfoto dengan para napi yang menerima remisi khusus Idul Fitri kemarin (22/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia