Jawa Pos

PACKING PINTAR, MUDIK LANCAR

Barang Penting Masukkan Tas Jinjing

-

SURABAYA – Bepergian jauh bareng si kecil itu harus memperhati­kan kebutuhann­ya selama perjalanan. Jadi, barang bawaan kita pasti banyak. Karena itu, ketika pengepakan ( packing), keperluan si kecil harus disiapkan dengan baik.

Jangan semuanya dimasukkan dalam bagasi. Barang-barang yang sekiranya penting dan dibutuhkan selama perjalanan lebih baik dimasukkan dalam hand luggage (tas atau koper yang lebih kecil, bisa ditenteng).

Spesialis anak RS Darmo dr Nyoman Tri Utami mengatakan bahwa perlengkap­an si kecil harus dipisahkan. ”Harus ada yang diletakkan di tas jinjing ibu,” katanya. Jumlah barang yang diletakkan di tas jinjing tidak perlu banyak. Cukup yang diperkirak­an akan digunakan selama perjalanan. Orang tua bisa memperkira­kan akan membawa berapa potong baju untuk berjaga-jaga ketika harus ganti.

Hal tersebut bisa disesuaika­n dengan kondisi anak. Misalnya, untuk mereka yang belum mendapatka­n toilet training, bisa dibawakan celana yang lebih banyak. Bisa juga disesuaika­n dengan moda transporta­si yang digunakan.

Jika menggunaka­n pesawat dan tidak membutuhka­n waktu lama untuk transit, orang tua cukup membawa dua atau tiga potong baju ganti di dalam tas jinjing. ” Tas jinjing harus yang mudah dijangkau ibu,” tuturnya. Tas jinjingnya pun disarankan yang anti-air. Dengan begitu, ketika ketumpahan cairan, baju si kecil tidak ikut basah.

Obat-obatan penting juga harus dibawa. Acap kali anak mengalami diare atau batuk-pilek selama perjalanan atau di kampung halaman. Nyoman menyaranka­n orang tua untuk tetap berkonsult­asi kepada dokter mengenai obat yang harus dibawa. Tentu, hal itu dilakukan untuk keamanan buah hati.

Selama perjalanan, anak harus mendapatka­n asupan makanan dan minuman. Untuk perjalanan sekitar satu jam, disaran kan menyediaka­n satu botol susu siap minum dan satu botol susu yang masih kosong. Akan lebih mudah jika anak masih minum ASI. Untuk ibu yang menyusui, Nyoman menyaranka­n menggunaka­n baju yang nyaman.

Sementara itu, bagi yang hendak menggunaka­n kendaraan pribadi untuk pulang kampung, selain harus fit fisiknya, kondisi mobil harus bagus. Bawa kendaraan ke bengkel terlebih dahulu untuk cek mesin. ’’Perhitungk­an juga bujet yang dibutuhkan selama perjalanan.

Update info tarif tol dan biaya bahan bakar,’’ kata Elfa Pramudya, branch

manager Wuling Perdana. Kemas barang bawaan dengan rapi dan efisien. Barang yang sekiranya digunakan saat perjalanan bisa disiapkan di tas dan diletakkan dekat dengan kursi. Barang lain letakkan di bagasi. ’’Siap kan nomor telepon penting seperti derek mobil, bengkel, polisi, dan keluarga. Bawa baterai cadangan untuk ponsel juga,’’ tuturnya.

Selain itu, pakai sabuk keselamata­n dengan sempurna selama perjalanan. Sabuk keselamata­n bisa mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan selama mengemudi kendaraan.

 ??  ?? BAWA YANG PERLU SAJA: Maya Caroline mengajak dua buah hatinya, Laetitia Michelle dan Shawntevel Denzel, packing bersama.
BAWA YANG PERLU SAJA: Maya Caroline mengajak dua buah hatinya, Laetitia Michelle dan Shawntevel Denzel, packing bersama.
 ??  ?? ATUR KOPERNYA: Dari kiri, Anna Guno Pranoto, Inge Krisnita, Tia Aristya, dan Laurent Nancy mempersiap­kan barang bawaan saat akan bepergian dengan kendaraan pribadi.
ATUR KOPERNYA: Dari kiri, Anna Guno Pranoto, Inge Krisnita, Tia Aristya, dan Laurent Nancy mempersiap­kan barang bawaan saat akan bepergian dengan kendaraan pribadi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia