Jawa Pos

Tip Packing Jitu

-

Packing sepele, tetapi bisa bikin ribet. Terutama kalau kita hendak bepergian jauh dan perlu membawa banyak barang. Tetapi, nggak mau kan perjalanan kita jadi nggak nyaman karena harus membawa banyak koper. Nah, berikut beberapa tip supaya tidak ada barang yang tertinggal dan tidak perlu bawa banyak koper.

Buat daftar barang

Sebelum packing, lebih baik bikin list barang yang akan dibawa. Hanya bawa barang-barang yang sekiranya diperlukan. Lebih baik memasukkan sikat gigi dan obat-obatan pribadi ketimbang boneka kesayangan dalam daftar.

Gulung baju

Lebih maksimal meletakkan baju di koper dengan cara menggulung­nya ketimbang melipat. Bisa ditata begitu saja atau masukkan ke vacuum pack sehingga tidak makan ruangan koper.

Jangan ada yang kosong

Meski sudah ditata sedemikian rupa di dalam koper, biasanya tetap ada ruangan yang kosong. Baik di sudut maupun sela-sela barang. Gunakan ruangan itu untuk meletakkan barang-barang yang kecil seperti kaus kaki atau underwear.

Pisahkan gadget

Charger, laptop, tablet? Masukkan semua ke kantong terpisah. Jangan disatukan dengan barang yang mengandung cairan. Pisahkan pula barang seperti make-up dan perlengkap­an mandi.

Timbang dulu

Yang hendak mudik naik pesawat, perlu mengetahui berat koper yang bakal dibawa. Jangan keasyikan memasukkan barang, eh tahu-tahu kelebihan bagasi ketika di bandara.

Pakai Tag

Agar memudahkan kita mengenali koper yang kita bawa, pasangi dengan penanda seperti bag tag, luggage cover, atau stiker sehingga kemungkina­n kecil tertukar dengan penumpang/orang lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia