Jawa Pos

Gerah, Siswa Cowok pun Pakai Rok

-

BEBERAPA hari terakhir, para siswa (bukan siswi, lho) ISCA Academy, Exeter, Inggris, kedapatan ke sekolah dengan mengenakan rok. Ya, rok pendek mengembang yang lucu-lucu

Apakah mereka terinspira­si Bruce Jenner yang menjadi Caitlyn? Ternyata, itu adalah bentuk protes dari aturan sekolah yang mereka anggap tidak adil.

Akademi setara SMP itu melarang siswa mengenakan celana pendek. Padahal, cuaca sedang panas-panasnya. Belajar dengan memakai celana panjang sepanjang hari, bagi mereka, sangat menyiksa. Claire Reeves, ibu seorang siswa, menjelaska­n, wali kelas sempat menyebut bahwa murid laki-laki boleh memakai rok daripada dihukum karena bercelana pendek.

Sindiran itu ditanggapi serius oleh lima siswa. Mereka pun mengenakan rok ke sekolah. Seorang di antara mereka dihukum karena roknya kependekan. Meski begitu, minat memakai rok tidak surut. Bahkan, semakin banyak siswa yang nekat pinjam rok kepada murid perempuan. Alhasil, setidaknya 50 siswa cowok tampil centil dengan rok cute Kamis lalu (22/6).

”Para murid laki-laki melihat guru perempuan memakai sepatu terbuka, atasan, dan rok berbahan adem. Tentu saja, hal itu nggak adil buat murid laki-laki,” papar Reeves, dikutip Devon Live. Kepala Sekolah Aimee Mitchell menyatakan bakal merevisi peraturan berseragam. ”Celana pendek bukan bagian dari seragam untuk laki-laki di sekolah kami, tapi kami bakal mempertimb­angkan hal itu,” paparnya. Mungkin alternatif­nya bisa pakai sarung. Lebih adem dan semriwing. (Devon Live/fam/c6/na)

 ?? DAVID PRASTYO/JAWA POS ??
DAVID PRASTYO/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia