Jawa Pos

Bus Mudik Gratis Tabrak Tangki

-

KUDUS – Bus Pariwisata mudik gratis dari Kementeria­n Kesehatan menabrak truk tangki Pertamina di Jalan Lingkar Barat, Dukuh Jetak, Desa Kedungdowo, Kaliwungu, kemarin (23/6). Satu orang kritis. Beberapa lainnya luka-luka.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.00. Bus New Aurel bernopol H 1717 BE yang disopiri Supriyadi, 39, warga Kuningan, Cirebon, semula melaju dari selatan. Sesampainy­a di TKP (tempat kejadian perkara), Jalan Lingkar Barat, laju bus agak oleng ke kanan sehingga melanggar markah jalan.

Sementara itu, dari arah berlawanan, terdapat truk tangki Pertamina bernopol H 1981 GS yang disopiri Wahono, 50, warga Desa Genukbaru, Tegalsari, Semarang. Karena jaraknya terlalu dekat, bus pun menabrak truk Pertamina hingga terperosok ke sawah.

”Dari jauh, busnya tampak oleng dan melaju di lajur kami (melanggar marka, Red). Mengetahui hal itu, truk kami banting ke kiri. Kalau kami rem, nanti malah adu depan,” kata kernet truk Pertamina Sudarsono, 50.

Akibat peristiwa itu, sopir bus kritis. Kernet truk Pertamina hanya luka sobek di kepala kiri. Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung membawa mereka ke RS Mardi Rahayu.

Untung, dalam kecelakaan itu, bus tersebut dalam kondisi kosong. Sebelumnya, bus itu membawa pemudik dari Jakarta menuju Jogjakarta. Bus tersebut disewa Kementeria­n Kesehatan untuk mudik gratis.

”Kami berangkat dari Jakarta membawa 44 penumpang. Tapi, penumpangn­ya sudah saya turunkan semua di Jogjakarta. Mereka pemudik asal Jogja. Setelah itu, saya berencana ke Jepara untuk mencuci bus,” ucap sopir bus New Aurel lainnya, Syahir Setiawan.

Di sisi lain, truk Pertamina baru saja bongkar muat sehingga dalam keadaan kosong. ”Untung, tangkinya dalam kondisi kosong. Jika ada isinya, bisa meledak. Tadi tangkinya berisi pertalite kami bongkar di Peganjaran, Kudus. Ini kami mau ambil bahan bakar lagi ke terminal bahan bakar minyak (TBBM) di Semarang, tapi malah kecelakaan. Tangkinya harus dibenarkan dulu,” jelas Sudarsono.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning yang diwakili Kanit Laka IPTU Ngatmin menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, sopir bus mengalami luka parah dan sudah dilarikan ke RS Mardi Rahayu. ”Busnya langsung kami evakuasi dengan cara diderek,” ucapnya. (ruq/lil/c25/ami)

 ?? DONNY SETIAWAN/RADAR KUDUS/JPG ?? RINGSEK: Bus New Aurel bernopol H 1717 BE rusak parah setelah menabrak truk Pertamina bernopol H 1981 GS di Jalan Lingkar Barat, Dukuh Jetak, Desa Kedungdowo, Kaliwungu, Kudus, kemarin.
DONNY SETIAWAN/RADAR KUDUS/JPG RINGSEK: Bus New Aurel bernopol H 1717 BE rusak parah setelah menabrak truk Pertamina bernopol H 1981 GS di Jalan Lingkar Barat, Dukuh Jetak, Desa Kedungdowo, Kaliwungu, Kudus, kemarin.
 ?? FOTO DONNY/RADAR KUDUS ?? LAWAN PELANGGAR MARKAH: Truk tangki BBM bernopol H 1981 GS juga hancur. Sopirnya hanya terluka ringan sobek di kepala kiri.
FOTO DONNY/RADAR KUDUS LAWAN PELANGGAR MARKAH: Truk tangki BBM bernopol H 1981 GS juga hancur. Sopirnya hanya terluka ringan sobek di kepala kiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia