Jawa Pos

Cabai Rp 140 Ribu, Ibu-Ibu Pusing

-

PALANGKA RAYA – Menjelang Lebaran, harga sembilan bahan pokok (sembako) makin melejit. Harga daging ayam yang biasanya hanya Rp 30 ribu–Rp 34 ribu kini sudah mencapai Rp 38 ribu–Rp 39 ribu. Bahkan, harga cabai makin ’’pedas’’ karena mencapai Rp 140 ribu per kilogram pada H-1 Lebaran.

Kenaikan harga itu diketahui saat tim satgas antimafia pangan melakukan pemeriksaa­n harga di Pasar Kahayan pada Jumat (23/6). Diduga, harga tersebut dinaikkan oknum bersama spekulan harga di pasaran. Jajaran Satreskrim Polres Palangka Raya dan tim gabungan telah melakukan penyelidik­an untuk mengungkap dalang di balik harga mahal cabai tersebut.

Kasatreskr­im AKP Ismanto Yuwono yang mewakili Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli menyatakan, pihaknya bakal melakukan pengembang­an dan penyelidik­an terhadap kenaikan drastis harga cabai dan sembako lain di pasaran. ’’Kami dari kepolisian akan menyelidik­i ada tidaknya spekulan yang bermain terkait dengan harga yang memanfaatk­an situasi meningkatn­ya kebutuhan tinggi,’’ ujar Ismanto.

Pama Polri itu menegaskan, barang bakal disita bila ada permainan harga. ’’Apakah diduga ditimbun pelaku spekulan atau distributo­r, atau oknum lainnya, kami akan lakukan selidiki lebih mendalam. Kalau harganya seperti ini, kasihan masyarakat,’’ kata Ismanto.

Sementara itu, Kadis Perindustr­ian dan Perdaganga­n Kalteng Katma F. Dirun mengungkap­kan bahwa diduga penyebab mahalnya harga cabai di Pasar Kahayan adalah permainan spekulan nakal. Sebab, dia sudah mengecek harga cabai ke petani, baik di Tangkiling maupun Kelampanga­n. Hasilnya, harganya tidak melejit.

’’Saya sudah cek harga jual petani. Mereka menjual seharga Rp 35 ribu. Nah, di lapangan atau di pasaran harganya Rp 140 ribu. Karena itu, kami koordinasi­kan dengan tim antimafia pangan,’’ jelasnya. (daq/ign/c14/ami)

 ?? DODI/RADAR SAMPIT/JPG ?? CEK HARGA: Satgas antiamafia pangan di Pasar Kahayan, Palangka Raya, Jumat (23/6).
DODI/RADAR SAMPIT/JPG CEK HARGA: Satgas antiamafia pangan di Pasar Kahayan, Palangka Raya, Jumat (23/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia