Jawa Pos

Presiden Jokowi Lebaran di Jakarta

Gelar Open House Bareng Wapres

-

JAKARTA – Setelah dua tahun terakhir merayakan Idul Fitri di luar Jakarta, tahun ini Presiden Joko Widodo dipastikan berlebaran di ibu kota. RI-1 direncanak­an menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Wapres Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla dijadwalka­n melaksanak­an salat di masjid yang sama.

Ketika dimintai konfirmasi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung membenarka­n adanya rencana presiden itu. ’’Rencananya melakukan salat Id di Jakarta,’’ terangnya kemarin. Hanya, dia enggan memastikan lokasi presiden menunaikan salat.

Tahun ini merupakan Lebaran ketiga Jokowi sejak menjabat presiden pada 20 Oktober 2014. Sebelum di Jakarta, dua kali dia melaksanak­an salat Idul Fitri di luar ibu kota. Pada 2015 dia berlebaran di Banda Aceh dan melaksanak­an salat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahm­an. Kemudian, pada 2016 dia merayakan Lebaran di Kota Padang, Sumbar. Salat Idul Fitri dilaksanak­an di Masjid Raya Sumatera Barat.

Setelah salat Id, Jokowi bakal mengadakan open house di istana kepresiden­an. Meski belum dipastikan istana mana yang akan dipakai, sangat mungkin yang bakal menjadi lokasi open house adalah Istana Negara. Sebab, ruangannya lebih lapang.

Dalam open house tersebut, rencananya presiden menyambut masyarakat bersama dengan Wapres. ’’Karena itu, tidak ada open house di Istana Wapres. Sorenya baru Wapres open house di rumah dinas,’’ ujar salah seorang staf Wapres.

Sesudah berlebaran di Jakarta, Jokowi dan JK bakal mudik. Presiden ke Solo, sedangkan Wapres ke Makassar. (byu/c10/ang)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia