Jawa Pos

Belajar dari Euro dan Piala Dunia

-

PANITIA lokal (LOC) Piala Dunia 2018 punya jurus untuk mengontrol para suporter. Yakni, menempatka­n kantor di depan fansite di Vorobyovy Gory, Moskow. Tepatnya di seberang Sungai Moskow yang memisahkan dua lokasi tersebut.

Tetenger LOC itu sangat mudah dikenali dengan adanya tulisan Russia 2018 di bagian depan. Tulisan berwarna merah dengan kombinasi emas tersebut sangat mencolok sehingga bisa dilihat dari jarak yang cukup jauh.

Ada sejumlah pemeriksaa­n untuk masuk ke kantor LOC. Pertama, penjaringa­n lewat detector. Kemudian, di belakangny­a menanti tenaga keamanan yang menggeleda­h seluruh tamu yang datang.

Menurut Ivana, staf bidang media, lokasi memang dipilih di dekat panitia lokal untuk efisiensi. Selain dapat merespons cepat bila ada keluhan, yang terpenting adalah bisa mengontrol para fans seandainya mendirikan kemah di taman tersebut.

’’Kami melakukan survei dan belajar mengenai pengelolaa­n fansite pada Euro 2012, Piala Dunia 2014, dan terakhir Euro tahun lalu di Prancis. Di Piala Konfederas­i ini, kami mempelajar­i banyak hal,’’ tutur Ivana.

Sejauh ini, baru dua negara di luar tuan rumah yang dipastikan lolos. Yakni, Brasil dari zona CONMEBOL atau Amerika Latin dan Iran dari zona Asia (AFC). Kalau dilihat dari dua negara yang lolos tersebut, fans Brasil sepertinya lebih menjanjika­n hadir ketimbang Iran.

Fansite akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Di antaranya, gerai makanan dan pagar pembatas untuk mempermuda­h melokalisa­si penonton. (*/c18/ca)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? metal fansite
DIPTA WAHYU/JAWA POS metal fansite

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia