Jawa Pos

Percantik Kuku tanpa Halangi Ibadah

-

GRESIK – Tampil cantik pada Idul Fitri menjadi dambaan sebagian besar perempuan. Tak heran, segala kebutuhan demi menunjang kecantikan sudah dipersiapk­an jauh-jauh hari. Penampilan kuku pun menjadi perhatian.

Izza Farchati, salah satu nail artist atau seniman lukis kuku Kota Pudak, membuat kreasi baru sebagai aksesori yang direkomend­asikan pada Idul Fitri.

Izza membuat halal nail art. Goresan kuteks dan gambar yang dibuat di kuku tangan itu berasal dari cat kuteks yang halal. Artinya, tidak membatasi pemakainya untuk tetap bisa menjalanka­n ibadah salat. ”Karena kuteks halal ini berbahan dasar air. Jadi, lebih mudah menyerap air. Selain itu, ada sertifikas­i halalnya,” paparnya.

Alumnus komunikasi Universita­s Airlangga (Unair) Surabaya itu menuturkan, kuteks halal tersebut disapukan maksimal dua lapis ke atas kuku. Tanpa cairan base coat yang biasanya digunakan sebelum mengecat kuku dengan kuteks biasa. Setelah kuteks halal tersebut menempel pada kuku, di atasnya bisa ditambahka­n nail art atau seni menggambar kuku. ”Bikin nail art- nya juga masih pakai kuteks halal. Bukan pakai cat akrilik seperti pada umumnya,” ujarnya.

Izza menjelaska­n, kuteks halal tidak bisa ditambahi kuteks glitter atau ditempeli permata. Sebab, tambahan tersebut akan menghalang­i masuknya air wudu. Akibatnya, tidak bisa digunakan ketika salat. Selain itu, kuteks halal lebih cepat kering daripada kuteks biasa. ”Selama ini muslimah itu terbatas kalau pakai kuteks. Nah, kuteks halal ini tetap bisa dipakai sebagai aksesori Lebaran tanpa membatasi kewajiban agama,” tuturnya. ( hay/c6/dio)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia