Jawa Pos

Genjot Produksi, Konsumsi Melonjak

-

GRESIK – Sinyal-sinyal pertumbuha­n produktivi­tas perusahaan mulai bermuncula­n. Hal itu terlihat dari kenaikan konsumsi listrik sektor industri. Kantor PLN Area Gresik mencatat, ada tujuh perusahaan yang menambah daya dan memasang jaringan baru selama semester pertama tahun ini.

Selain itu, ada lima perusahaan yang dalam pengajuan. ’’ Total penambahan daya dari tujuh perusahaan mencapai 5 MVA (megavolt ampere),’’ tutur Nurcahya Arifianti, supervisor pelayanan pelanggan PLN Area Gresik.

Perempuan yang akrab disapa Fifi tersebut memproyeks­ikan, pengajuan penambahan daya bakal bertambah. Industri menambah energi listrik untuk meningkatk­an hasil produksi. Menurut dia, sebagian besar perusahaan yang mengajukan penambahan daya dan pemasangan jaringan baru berasal dari sektor perkayuan. ’’Perusahaan ingin menggenjot produksi.”

Antusiasme penambahan daya juga tampak di sektor makanan dan minuman (mamin). Mereka sedang getol memperluas pasar. Selain itu, perusahaan sengaja menggenjot produksi untuk memperbany­ak stok barang. ’’Secara umum, energi listrik di Gresik memang paling banyak diserap sektor industri,’’ ucapnya.

Dia melanjutka­n, kontribusi pemakaian listrik sektor industri di Kota Pudak mencapai 72 persen. Total pemakaian rata-rata 700 kVA (kilovolt ampere) per bulan. Jumlah tersebut sudah termasuk pemakaian pelanggan rumah tangga dan golongan lainnya.

Fifi menjelaska­n, PLN telah meluncurka­n program khusus selama Lebaran terkait penambahan daya. Ada pemotongan biaya hingga 50 persen. Kebijakan itu berlaku sampai 31 Juni 2017. ( hen/c18/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia