Jawa Pos

Visa kelar, Karate Siap TC di Luar Negeri

-

JAKARTA – Keinginan tim pelatnas cabor karate untuk menjalani

tryout di luar negeri kian mendekati kenyataan. Sempat kabur lantaran urusan administra­si keimigrasi­an yang tidak kunjung beres, problem itu kini sudah mendapatka­n solusi. Proses administra­si keberangka­tan tim yang dipersiapk­an untuk SEA Games 2017 Malaysia tersebut rampung.

Training camp (TC) yang rencananya berjalan di Jepang dan Prancis pun bakal terwujud. Itu terjadi setelah surat persetujua­n sekretaria­t negara (Setneg) sebagai pintu terakhir agar program itu bisa berjalan sudah berada di tangan PB FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia). ’’Setneg telah mengeluark­an surat untuk menyetujui usulan PB FORKI yang ingin memberangk­atkan tim karate Indonesia menjalani TC di Jepang dan Prancis,’’ kata Pelatih Kepala timnas karate Philip King.

Rencananya, tim karate Indonesia yang berangkat ke Jepang dan Prancis berjumlah 27 orang. Yakni, terdiri atas 8 karateka Kata ke Negeri Matahari Terbit dan 12 karateka Kumite ke Prancis. Sisanya adalah pelatih lokal maupun asing.

Timnas karate setelah pemusatan di Jepang dan Prancis dijadwalka­n mengikuti Kejuaraan Karate Asia di Astana, Kazakstan, 11–16 Juli 2017. Kejuaraan tersebut dijadikan sebagai uji coba terakhir sebelum tampil pada SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia, 19–31 Agustus 2017.

Mengenai jadwal keberangka­tan tim karate ke Jepang dan Prancis, Philip King menyatakan belum bisa menjawab. ’’Saya belum bisa menjawab,’’ ujarnya.

Secara terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satlak Prima Chandra Bakti membenarka­n Setneg telah mengeluark­an surat persetujua­n rencana tim karate Indonesia yang dipersiapk­an ke SEA Games Malaysia 2017 melakukan TC ke Jepang dan Prancis. ’’ Ya, kami sudah menerima surat persetujua­n dari Setneg yang menjadi syarat mutlak untuk menjalani uji coba ke luar negeri,’’ tutur Chandra.

Setelah menerima surat tersebut, kata Chandra, PPK Satlak Prima langsung menyerahka­n ke bagian keuangan Kemenpora untuk diverifika­si. Berdasar hasil verifikasi itulah, nanti terbit surat perintah membayar (SPM) yang diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaha­raan Negara (KPPN). (ben/tif/c20/ady)

 ?? PATRICK BAZ/AFP SERVICE ?? TERANG: Karateka Indonesia Sisilia Agustiani Ora saat berlaga di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017.
PATRICK BAZ/AFP SERVICE TERANG: Karateka Indonesia Sisilia Agustiani Ora saat berlaga di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia