Jawa Pos

Minta Masukan Transparan­si Internasio­nal Korea

-

JAKARTA – Kunjungan kerja Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dalam 2nd Meeting of Speaker of Eurasian Countries’ Parliament juga diselingi kunjungan ke Transparan­si Internasio­nal Korea. Maksud dan tujuan Fahri bertemu perwakilan Transparan­si Internasio­nal di Seoul kemarin (27/6) adalah memperoleh masukan terkait dengan pemberanta­san korupsi di Korea Selatan.

Kepada media, Fahri mengatakan bahwa Korea merupakan salah satu negara yang sukses dalam pemberanta­san korupsi. Pada 2002, Korsel adalah negara yang memiliki angka korupsi tinggi. ”Namun, dalam waktu tujuh tahun, Korea berhasil mengubah posisinya menjadi negara yang bebas dari korupsi. Ini yang ingin diketahui prosesnya,” urai Fahri.

Fahri kemudian membanding­kan kondisi tersebut dengan Indonesia. Di negeri ini telah berdiri Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK), tapi selama 15 tahun bekerja belum berhasil menjadikan Indonesia bebas dari korupsi. Menurut dia, perbedaan pola pemberanta­san korupsi Korsel dan Indonesia terdapat pada dukungan civil society atau lembaga-lembaga swadaya masyarakat antikorups­i terhadap DPR.

”Di Korea ada ACRC (Anti-corruption and Civil Rights Commission, Red). Pegiat antikorups­i di sana bekerja sama dengan baik dengan National Assembly (parlemen Korea, Red). Kalau di negara kita, DPR dikesankan sebagai sarang koruptor,” ungkap Fahri.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan DPR disambut Mr Han Beom-you, ketua Transparan­si Internasio­nal Republik Korea. Dalam penjelasan Han terungkap, 2002 adalah awal dibentukny­a peratura-nperaturan antikorups­i. Sama dengan KPK di Indonesia. Kemudian, pada 2003 dibentuk lembaga antikorups­i Korea yang disebut KICAC (Korea Independen­t Commission Against Corruption). Lembaga itu melakukan investigas­i terhadap kasus-kasus korupsi, sementara penindakan diserahkan kepada kepolisian. (bay/c11/fat)

 ??  ?? DPR FOR JAWA POS CARI REFERENSI: Fahri Hamzah menghadiri 2nd Meeting of Speaker of Eurasian Countries’ Parliament di Korea kemarin (27/6).
DPR FOR JAWA POS CARI REFERENSI: Fahri Hamzah menghadiri 2nd Meeting of Speaker of Eurasian Countries’ Parliament di Korea kemarin (27/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia