Apple Park Siap Jadi Panggung Rilis iPhone 8

Jawa Pos - - Jawa Pos -

CUPERTINO – Ini dia kompleks perkantoran paling keren di dunia, Apple Park. Markas baru Apple itu siap membuat geleng- geleng penggemar gadget dan arsitektur. Kompleks kantor seluas 71 hektare itu akan menjadi lokasi rilis iPhone 8 pada 12 September nanti. Seorang pegawai konstruksi Apple Park Selasa lalu (29/8) mengunggah foto dan video di Snapchat

Dalam posting itu ditunjukkan progres pembangunan Apple Park. Tampak auditorium kaca yang didirikan untuk mengenang mendiang CEO Apple Inc Steve Jobs. Auditorium yang diberi nama Steve Jobs Theatre tersebut rencananya dipakai untuk meluncurkan iPhone 8. iPhone 7s, iPhone 7s Plus, versi terbaru Apple Watch, dan 4K Apple TV juga akan dirilis di sana. Bangunan berkapasitas seribu orang itu terletak di sebuah bukit yang berada di lingkungan Apple Park.

Di video lainnya tampak interior dan eksterior bangunan utama Apple Park. Bangunan yang dijuluki Spaceship tersebut mengadopsi desain yang futuristis. Dari dalam bangunan itu, pepohonan yang ada di kompleks perkantoran bisa dilihat dari kedua sisi dinding yang terbuat dari kaca.

Total ada 9 ribu pohon yang ditanam di lingkungan Apple Park. Termasuk di antaranya pohon apel dan aprikot. Mereka sengaja menyewa arborist alias spesialis perawatan pohon dari Stanford University untuk merawat pohonpohon tersebut.

Logo Apple, tangga, dan area parkir juga tampak di video itu. Termasuk terowongan untuk masuknya kendaraan yang diberi caption Apple Campus tunnel oleh pegawai konstruksi yang mengunggah video tersebut.

Apple Park yang terletak di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS), adalah mimpi Steve Jobs, pendiri Apple. Dia menggandeng Norman Foster sebagai desainer. Jobs yang meninggal pada 5 Oktober 2011 menginginkan bangunan yang menyatu dengan alam dan ramah lingkungan. Karena itulah, banyak pohon di Apple Park. Desain bangunan juga dibuat sedemikian rupa untuk menjaga keamanan produk dan mencegah penyusup masuk. Bahkan, para pegawai tak bisa masuk semua ruangan.

Video tentang Apple Park itu bukanlah yang pertama. Sebelumnya ada beberapa video di kanal YouTube yang memperlihatkan bangunan yang menghabiskan anggaran USD 5 miliar (Rp 66,7 triliun) itu. Berbeda dengan video terbaru kali ini yang memperlihatkan dari dekat, video-video sebelumnya diambil dari drone. Sebagian pegawai Apple sudah pindah dari kampus lama Infinite Loop ke Apple Park sejak April. Keseluruhan proses konstruksi baru selesai pada akhir tahun nanti.

Pengerjaan Apple Park dipercayakan kepada Foster Partners. Perusahaan asal Inggris itu pernah mengerjakan Wembley Stadium dan, Canary Wharf Underground Station. Pendiri Foster Partner, Norman Foster, mengungkapkan bahwa dirinya terinspirasi London Square, yakni rumah-rumah mengelilingi taman. Begitu jugalah Apple Park. Bangunan utamanya berbentuk lingkaran, tapi di lubang tengahnya terdapat pepohonan.

Ruang kerja di Apple Park didesain open floor. Tak ada lagi dinding pemisah seperti di kantor lama. Seluruh pegawai yang jabatannya di bawah VP harus bekerja di meja dan kursi panjang bersama dengan para pegawai lainnya. (MacWorld/ DailyMail/sha/c9/c10/ang)

SPACESHIP: Pembangunan Apple Park memasuki tahap akhir. Foto kanan, Steve Jobs Theatre, auditorium berkapasitas seribu orang, berada di bawah lobi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.