Jawa Pos

Ical Tepis Anggapan Tak Dukung Jokowi

-

JAKARTA – Sejumlah kebijakan yang diputuskan DPP Partai Golongan Karya acap berbeda dengan sikap Dewan Pembina (Wanbin). Hal itu memunculka­n spekulasi bahwa Wanbin Golkar belum sejalan dengan langkah DPP dalam mendukung pemerintah­an Joko Widodo.

’’Saya dikesankan tidak mendukung pemerintah­an Presiden Jokowi. Saya akan jelaskan di sini,’’ tegas Ketua Wanbin Golkar Aburizal Bakrie (Ical) saat menghadiri peluncuran buku Keutamaan Jokowi di Jakarta kemarin. Buku itu ditulis Sekretaris Jenderal Par tai Golkar Idrus Marham.

Ical menyatakan, pihaknya memang tidak mendukung Jokowi pada Pemilu Presiden 2014. Namun, tidak berarti dalam perjalanan pemerintah­an Jokowi, Ical tidak memberikan dukungan. ’’Saya kaget, hanya 2,5 tahun, pembanguna­n infrastruk­tur begitu pesat. Saya apresiasi kinerja pemerintah saat ini,’’ ujar ketua umum Partai Golkar sejak 2009 hingga 2016 itu.

Ical menilai, pesatnya pembanguna­n infrastruk­tur tersebut merupakan kunci. Dalam kepemimpin­an presiden sebelumnya, tidak pernah ada pembanguna­n infrastruk­tur yang menyamai akselerasi yang dilakukan Jokowi. ’’Upaya itu merupakan aset masa depan bangsa. Ini harus diapresias­i,’’ puji Ical.

Mantan ketua umum DPP Partai Golkar itu mengaku pernah mendapat pertanyaan mengapa bujet infrastruk­tur pemerintah yang besar tidak banyak mendapat pertanyaan dari DPR. Ical langsung menegaskan bahwa infrastruk­tur merupakan kunci membangun Indonesia. ’’Selama ini banyak yang menyebut kelemahan Indonesia, yaitu infrastruk­tur, infrastruk­tur, dan infrastruk­tur,’’ ungkapnya.

Meski begitu, Ical menilai Presiden Jokowi juga tak luput dari kelemahan. Saat ini, data membuktika­n bahwa angka kemiskinan terus meningkat dibarengi daya beli yang melemah. Upaya menyelesai­kan ketimpanga­n itu harus diatasi dengan upaya bersama-sama.

’’Titipan saya kepada Jokowi, bagaimana kita selesaikan masalah kemiskinan dan ketimpanga­n. Itu harus dipikirkan bersama sebagai sebuah bangsa,’’ tandasnya.

Peluncuran buku Keutamaan Jokowi itu juga dihadiri sejumlah narasumber. Selain Idrus sebagai penulis, hadir anggota Fraksi PDIP Maruarar Sirait dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Idrus menyatakan, buku yang dia buat saat ini merupakan wujud komitmen Partai Golkar kepada pemerintah­an Jokowi. (bay/c5/fat)

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ??
MUHAMAD ALI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia