Jawa Pos

Sekolah Negeri Mirip Kandang

-

SAMPIT – Sekolah Dasar Negeri 2 Parebok, Kecamatan Teluk Sampit, Kotawaring­in Timur (Kotim), ini mendadak ramai diperbinca­ngkan. Bukan karena prestasi yang ditorehkan. Melainkan kondisi sekolah yang justru berbanding terbalik dengan fasilitas umum yang dibangun pemerintah.

Bangunan sekolah sungguh menyedihka­n. Hanya ada satu ruangan besar. Dibagi empat dengan menggunaka­n bambu. Bukan dinding. Hanya bilah bambu sebagai pembatas yang ditata rapi. Kondisi serba terbatas itu membuat murid SD belajar bergantian.

Kepala Dinas Pendidikan Kotim Bima Eka Wardana menyatakan, pihaknya sudah memeriksa langsung sekolah tersebut. Dia awalnya mendapatka­n informasi dari warga, ada sekolah yang hanya punya satu ruangan. Apalagi, itu sekolah negeri. Setelah dilakukan pengecekan, memang sekolah tersebut memiliki satu ruangan saja yang dibagi menjadi empat.

”Jumlah peserta didiknya 31 murid. Mereka belajar bersama-sama dalam satu ruangan. Hanya terpisah dengan sekat yang menggunaka­n kayu dan bambu. Itu pun tidak menutup rapat sehingga bisa terlihat satu dan lainnya,” kata dia kemarin (30/8).

Bima merasa kondisi seperti itu memang tidak layak untuk para murid mengenyam pendidikan dasar. Dia yakin peserta didik tidak merasa nyaman dalam proses belajar. Selain menampung keluhan guru, pihaknya bakal mengusulka­nnya ke APBD 2018 terkait pembanguna­n ruang kelas.

”Kami segera mengusulka­n sehingga sekolah ini bisa secepatnya mendapatka­n bantuan dengan membangun ruang kelas. Semoga dengan apa yang dilakukan saat ini, para guru maupun siswa tetap bersemanga­t menunggu kelasnya dibangun,” tuturnya. (son/abe/c9/ami)

 ?? DISDIK KOTIM FOR RADAR SAMPIT/JPG ?? MENGENASKA­N: Kelas darurat di SD Negeri 2 Parebok, Kotawaring­in Timur, Kalteng, berdinding bambu dan berlantai sabut kelapa.
DISDIK KOTIM FOR RADAR SAMPIT/JPG MENGENASKA­N: Kelas darurat di SD Negeri 2 Parebok, Kotawaring­in Timur, Kalteng, berdinding bambu dan berlantai sabut kelapa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia