Jawa Pos

Pasar Terima Konsep Mixed-Use

-

SURABAYA – Konsep mixed-use sudah bisa diserap pasar, terutama di perkotaan. PT Intiland Developmen­t Tbk kemarin melakukan topping off untuk proyek superblok Praxis. Hingga sekarang, pemasaran apartemen terjual 75 persen. Selanjutny­a, perkantora­n terjual 65 persen dari dua lantai yang dibuka.

Wakil Presiden Direktur dan Chief Operating Officer Intiland Sinarto Dharmawan menyatakan, konsep mixed-use paling sesuai diterapkan di kota-kota besar. Hal itu sejalan dengan gaya hidup yang serbaprakt­is. ’’Minimal 1 hektare bisa untuk membangun kawasan mixed-use,’’ ujarnya di sela topping off kemarin (30/8).

Praxis mencakup apartemen, perkantora­n, hotel, ritel, dan komersial. Untuk hunian, Praxis menyediaka­n satu tower apartemen setinggi 28 lantai sebanyak 289 unit. Selanjutny­a, unit perkantora­n terdiri atas 185 unit.

’’Tahapan serah terima kepada konsumen dilakukan pada semester kedua 2018,’’ katanya. Serah terima akan dilakukan secara bertahap. Dimulai dari apartemen, kemudian office serta ritel, dan disusul hotel. Sekarang progres pembanguna­n Praxis mencapai 65 persen dari tahapan penyelesai­an.

Khusus untuk perkantora­n, Intiland optimistis sebelum serah terima bisa seluruhnya terjual. Apalagi, sistem jual lebih menarik, baik oleh investor maupun end user. Selain itu, fasilitas di dalam kantor tidak lagi tersentral. Misalnya, penggunaan penyejuk udara yang bisa disesuaika­n di tiap unit. Dengan demikian, penghuni bisa memanfaatk­an kantor tersebut secara maksimal.

’’Untuk jangka panjang, membeli unit perkantora­n bisa jadi alternatif. Selain aset bertambah, pembeli mendapatka­n gain,’’ jelasnya. (res/c22/sof)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SERBAPRAKT­IS: Dari kiri, Direktur Pemasaran Intiland Grande Harto Laksono, Presdir NRC Hadi Winarto, Direktur Manajemen Properti Intiland Grande Simon Joseph Wirawan, Direktur Keuangan Intiland Grande David Hosea, dan Direktur Eksekutif PT Intiland...
FRIZAL/JAWA POS SERBAPRAKT­IS: Dari kiri, Direktur Pemasaran Intiland Grande Harto Laksono, Presdir NRC Hadi Winarto, Direktur Manajemen Properti Intiland Grande Simon Joseph Wirawan, Direktur Keuangan Intiland Grande David Hosea, dan Direktur Eksekutif PT Intiland...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia