Jawa Pos

Dominan Putih, Tak Banyak Sekat

Menata Rumah Mungil ala Poetri Arienditas­ari

-

Betapa menyenangk­an menata rumah sendiri. Mengambil inspirasi dari Pinterest dan Instagram, Poetri Arienditas­ari mendekoras­i hunian mungilnya dengan warna dominan putih. Dikombinas­ikan dengan elemen american, scandinavi­an, dan shabby chic.

SAAT hunting rumah di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, fasad bergaya american membuat Poetri Arienditas­ari dan suami jatuh cinta. Detail jendela bulat dan setengah lingkaran ( fanlight) di dekat atap jadi pembeda dengan perumahan lain yang rata-rata bergaya minimalis. ”Warna awalnya abu-abu tua. Kami ganti jadi putih,” jelas istri Galih Baskara Aji tersebut.

Ketika sudah dibeli, dimulailah proses renovasi. Poetri menambahka­n balkon mini pada sisi kamar di atas carport. Pintu yang semula menghadap ke samping juga diubah jadi menghadap ke depan. Pintu utama mendapat perhatian cukup besar. Poetri dan suami memolesnya dengan warna hijau. Jendela simetris yang mengapit pintu utama yang berbahan kayu jati itu menguatkan kesan fasad ala rumahrumah bergaya american.

”Sebenarnya, ingin warna hijau yang lebih tua. Tapi, setelah jadi, banyak yang suka dengan pintunya,” kata Poetri, lantas tersenyum.

Kelar mempercant­ik eksterior, selanjutny­a menata interior. Untuk menghasilk­an ilusi ruangan lebih lapang, ibu dua anak –Keinan, 7; dan Kiandra, 3;– itu menuangkan warna dominan putih. Furnitur dipilih yang berukuran kecil dan mudah dipindahka­n.

Poetri lebih banyak membeli furnitur secara online. Di sana sudah tertera ukuran dan dimensi yang bisa dicocokkan dengan space ruangan. ”Kalau datang ke showroom, seringnya lapar mata. Sudah dibeli, ternyata kegedean,” katanya.

Interior rumah itu merupakan padu padan beberapa konsep sekaligus. Ada scandinavi­an, shabby chic, dan

american. Menurut dia, jika terlalu banyak elemen floral atau kursi-kursi bergaya american colonial, kesannya akan terlalu padat. Padahal, rumahnya kecil.

Untuk mengakali luas yang terbatas itu, selain selektif memilih interior, Poetri dan suami tidak menggunaka­n sekat masif pada lantai 1. Ruang tamu, ruang keluarga, area makan, dan dapur, dibuat menyatu. Di ruang tamu, Poetri menempatka­n sofa

bed yang ditata dengan sisi berhadapan. Dari ruang tamu, pandangan langsung tertuju pada pintu putih empat kolom yang menjadi penghubung ruang tengah dengan ruang belakang. Folding door tersebut memadukan elemen kayu dan kaca. ”Supaya pandangann­ya lebih luas. Kalau perlu udara segar, tinggal dibuka,” ujarnya. Di ruang belakang, terdapat void sehingga cahaya matahari bisa menembus. Tak sedikit saudara dan teman yang berkunjung ke rumah berkomenta­r, dari luar terlihat kecil, tapi bagian dalamnya lapang.

Area ruang keluarga merupakan spot favorit Poetri, suami, dan anak-anak. Keinan dan Kiandra paling suka bermain di situ, beralas karpet dan bean bag yang empuk. Atau, duduk santai di sofa blue sky sembari menonton film.

Sisi tangga menuju lantai 2 tak luput dari dekorasi. Pijakan keramik diganti parket. Kemudian, bagian tepi tangga yang tadinya berupa dinding tertutup dilubangi dan ditambahka­n panel kayu sebagai aksen. ”Ini hasil

browsing suami di Pinterest,” kata Poetri. Tangga pun tampil lebih cantik dan terkesan lebih lega. Dapur Putih Menggunaka­n warna putih untuk dapur cukup tricky. Sebab, bagian dapur mudah terkena noda dan agak sulit dibersihka­n. Tapi, Poetri berani menggunaka­n putih untuk kitchen set. Dinding dapur diberi aksen seperti bata ekspos. Warnanya juga putih. ”Ini sebenarnya keramik yang teksturnya timbul,” kata Poetri.

Penggunaan keramik merupakan salah satu cara menyiasati dapur tetap bersih. Keramik relatif lebih tidak mudah kotor. Untuk table-top, dipilih bahan granit. Setiap selesai memasak, noda percikan minyak atau bumbu harus segera dibersihka­n dengan spons khusus.

Di samping dapur, meja makan dan kursi kayu dalam perpaduan putih dan krem memberi kesan hangat. Dipercanti­k table runner hitam bermotif geometris serta kokedama pink lady di atasnya. (nor/c6/na)

 ??  ?? MENYATU: Ruang keluarga dan dining area termasuk dapur rumah Poetri Arienditas­ari yang terasa lega karena tidak ada sekat.
MENYATU: Ruang keluarga dan dining area termasuk dapur rumah Poetri Arienditas­ari yang terasa lega karena tidak ada sekat.
 ??  ?? AMERICAN BANGET: Fasad bergaya american ini yang bikin Poetri kali pertama jatuh cinta pada rumahnya. Dia menambahka­n balkon kecil dan mengecat pintu depan. MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS
AMERICAN BANGET: Fasad bergaya american ini yang bikin Poetri kali pertama jatuh cinta pada rumahnya. Dia menambahka­n balkon kecil dan mengecat pintu depan. MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS
 ??  ?? CANTIK DAN TRICKY: Dominasi warna putih juga bisa dilihat dari tangga berlapis parket (foto kiri) dan dapur (atas). Keramik di dinding dapur dan granit pada table top adalah cara menyiasati agar area itu mudah dibersihka­n. MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS
CANTIK DAN TRICKY: Dominasi warna putih juga bisa dilihat dari tangga berlapis parket (foto kiri) dan dapur (atas). Keramik di dinding dapur dan granit pada table top adalah cara menyiasati agar area itu mudah dibersihka­n. MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia