Rumah di Lahan Berbentuk Trapesium

Jawa Pos - - For Her -

Halo tim Griyanggita, Saya memiliki lahan berbentuk trapesium. Lebar sisi depan 7 meter, sisi belakang 8,5 meter. Panjang tanah 12,5 meter. Saya berencana membangun rumah dua tingkat dengan perincian: satu kamar utama (KM dalam), dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan ruang makan. Ditambah

laundry room, musala, ruang kerja, serta parkir untuk satu mobil dan dua motor. Jika memungkinkan, saya ingin ada halaman belakang meski kecil. Mohon bantuan mendesain rumah agar tidak terlihat jomplang dari depan. Terima kasih.

Mirna, Bangil

JAWAB

Relatif banyak ruang yang dibutuhkan Bu Mirna jika dibandingkan dengan lahan yang tersedia. Kebutuhan-kebutuhan tersebut tetap bisa terpenuhi dengan memaksimalkan ruang yang ada. Namun, kenyamanan dalam berhuni tetap perlu diprioritaskan. Misalnya, ruang untuk memarkir kendaraan bisa dihemat dengan memanfaatkan carport.

Pada lantai bawah, cukup ada satu kamar mandi luar. Perletakannya berada di dekat ruang makan, garasi, dan ruang tidur utama. Itu penting agar bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan selain mandi. Misalnya, mencuci tangan setelah makan, atau mencuci kaki begitu masuk dari luar melalui garasi.

Dinding dan pintu di sekitar ruang makan sengaja ditata dengan orientasi 45 derajat dari sumbu utama rumah untuk menciptakan sirkulasi yang leluasa. Dengan

view ke arah taman, ruang makan akan menjadi tempat yang nyaman untuk bercengkerama bersama keluarga. Semoga bermanfaat. (*)

DENAH LANTAI 1 DENAH LANTAI 2 1 CARPORT 2 TERAS/

BALKON 3 R.TAMU 4 R.MAKAN 5 DAPUR 6 KM/WC 7 GARASI 8 R.TIDUR 9 GUDANG 10 R.KELUARGA 11 R.BACA 12 MUSALA 13 R.CUCI &

JEMUR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.