Long Weekend, KAI Periksa Rel

Jawa Pos - - Jawa Timur -

MADIUN – Menjelang long weekend Idul Adha, PT KAI Daop 7 Madiun terus memelototi jalur kereta api di wilayahnya. Sepekan lalu dimulai perbaikan rel di sejumlah titik. Membentang dari Stasiun Curahmalang (Jombang) hingga Stasiun Walikukun (Ngawi).

”Perawatan itu bertujuan meratakan alas rel yang dilewati KA. Jadi, saat kereta melintas, tidak terjadi gronjalan,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto kemarin (30/8).

Senin (28/8) pihak Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub juga melakukan pemeriksaan jalur Kayang meliputi lintas Madiun–Kertosono–Kediri–Malang–Surabaya. Pemeriksaan menggunakan KA ukur tersebut bertujuan memantau kondisi trek, yaitu kemampuan trek untuk melihat kecepatan yang dilalui KA, serta hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan di sepanjang perjalanan.

”Rata-rata kondisi trek di wilayah Daop 7 Madiun cukup bagus. Sebab, di beberapa lokasi, sudah dilakukan penggantian rel,” ungkapnya.

Dibanding tahun lalu, tahun ini kecepatan perjalanan KA mengalami peningkatan. Jarak Surabaya–Jogjakarta yang ditempuh dalam 5 jam ditargetkan hanya 4 sampai 4,5 jam. Pemangkasan jarak tempuh tersebut bakal dilakukan setiap tahun. ”Kecepatan KA yang melintasi Daop 7 Madiun saat ini bisa mencapai 105 km per jam. Terutama KA jarak jauh. Karena itu, kinerja trek akan terus dievaluasi untuk mempercepat perjalanan KA,” ujar Supriyanto.

Pemantauan jalur menggunakan KA ukur dilakukan dua kali dalam setahun oleh Ditjen KA maupun PT KAI Daop 7 Madiun. (her/ota/c24/end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.