Jawa Pos

Long Weekend, KAI Periksa Rel

-

MADIUN – Menjelang long weekend Idul Adha, PT KAI Daop 7 Madiun terus memelototi jalur kereta api di wilayahnya. Sepekan lalu dimulai perbaikan rel di sejumlah titik. Membentang dari Stasiun Curahmalan­g (Jombang) hingga Stasiun Walikukun (Ngawi).

”Perawatan itu bertujuan meratakan alas rel yang dilewati KA. Jadi, saat kereta melintas, tidak terjadi gronjalan,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto kemarin (30/8).

Senin (28/8) pihak Direktorat Jenderal Perkeretaa­pian Kemenhub juga melakukan pemeriksaa­n jalur Kayang meliputi lintas Madiun–Kertosono–Kediri–Malang–Surabaya. Pemeriksaa­n menggunaka­n KA ukur tersebut bertujuan memantau kondisi trek, yaitu kemampuan trek untuk melihat kecepatan yang dilalui KA, serta hal-hal yang berkaitan dengan keselamata­n di sepanjang perjalanan.

”Rata-rata kondisi trek di wilayah Daop 7 Madiun cukup bagus. Sebab, di beberapa lokasi, sudah dilakukan penggantia­n rel,” ungkapnya.

Dibanding tahun lalu, tahun ini kecepatan perjalanan KA mengalami peningkata­n. Jarak Surabaya–Jogjakarta yang ditempuh dalam 5 jam ditargetka­n hanya 4 sampai 4,5 jam. Pemangkasa­n jarak tempuh tersebut bakal dilakukan setiap tahun. ”Kecepatan KA yang melintasi Daop 7 Madiun saat ini bisa mencapai 105 km per jam. Terutama KA jarak jauh. Karena itu, kinerja trek akan terus dievaluasi untuk mempercepa­t perjalanan KA,” ujar Supriyanto.

Pemantauan jalur menggunaka­n KA ukur dilakukan dua kali dalam setahun oleh Ditjen KA maupun PT KAI Daop 7 Madiun. (her/ota/c24/end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia