Siap Kian Pererat Indonesia-Belanda

Jawa Pos - - Sambungan -

SURABAYA – Sang ayah, Haryanto Tjokrosetio, telah bertugas sebagai konsul kehormatan (Konhor) Swiss selama kurang lebih 20 tahun. Sedangkan kakaknya, Christopher Tjokrosetio, adalah Konhor Jerman sejak 2015.

Latar belakang keluarga itulah yang membuat Lily Jessica Tjokrosetio semakin siap mengemban amanat baru sebagai Konhor Kerajaan Belanda di Surabaya. ”Tanpa dukungan dari keluarga saya, tidak mungkin saya saat ini berada pada posisi ini,” ujar Lily dalam sambutannya setelah dilantik sebagai Konhor di Balai Adika, Hotel Majapahit, Surabaya, tadi malam (30/8).

Yang melantiknya Duta Besar Kerajaan Belanda Rob Swartbol. Turut hadir dalam pelantikan tersebut Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi serta 20 konsul jenderal dan konsul kehormatan di Surabaya. Lily yang pernah tinggal di Belanda sejak SMA hingga perguruan tinggi menggantikan posisi Silvia Kho-Pangkey yang telah bertugas 18 tahun terakhir. Perempuan 32 tahun itu pun menjadi Konhor termuda di Surabaya sejauh ini.

”Saya yakin Konhor yang kami pilih ini dapat mengemban tugas dengan baik,” ucap Silvia.

Berkaca dari pengalaman Silvia, ada banyak tanggung jawab yang harus dipikul Lily saat ini. Di antaranya sebagai penghubung antara TNIAL dan Angkatan Laut Belanda. Selain itu, dia harus menjembatani hubungan antara Belanda dan Indonesia, khususnya Jawa Timur.

Menurut Lily, hubungan bilateral Indonesia dengan Belanda terus terjalin baik hingga kini. Mulai di bidang militer, perdagangan, hingga pendidikan.

”Saya akan berusaha semakin mempererat kerja sama antara Indonesia dan Belanda,” ucap lulusan Rotterdam School of Management, Erasmus University, itu. (deb/c9/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.