Jawa Pos

Mengejar Rekor Gol Senior

-

OLIVIER Giroud dan Youri Djorkaeff punya kesamaan. Ya, meski beda generasi, keduanya berasal dari produk klub yang sama, Grenoble Foot 38 atau biasanya disebut GF38. Bedanya, Giroud masuk tim tersebut selang 16 tahun setelah Djorkaeff pergi meninggalk­annya pada musim panas 1989.

Kesamaan lain adalah jumlah gol di timnas. Saat ini Giroud sudah mengoleksi 27 gol buat timnas Prancis. Djrokaeff mengoleksi 28 gol. Nah, jika dini hari nanti bisa membobol gawang Belanda, Giroud mampu menyamai, bahkan melampaui jejak seniornya.

’’Saya masih ingin bertarung untuk gol demi gol lagi,’’ koar Giroud saat diwawancar­ai RMC Sport. Kebetulan, dia mungkin tetap dipercaya entraineur Prancis Didier Deschamps untuk mengisi posisi sembilan Prancis. Rival Giroud lainnya adalah Alexandre Lacazette, pesaingnya di Arsenal, dan Kylian Mbappe.

Dalam sesi latihan di Clairefont­aine kemarin WIB (30/8), striker yang menjadi andalan bola-bola atas Prancis itu ditempatka­n di tim utama. Giroud satu tim bersama Antoine Griezmann dan Kingsley Coman. ’’Ini akan menjadi salah satu laga terbesar saya dalam beberapa bulan terakhir ini,’’ kata Giroud.

Mampukah Giroud menuntaska­nnya? Catat, Giroud selalu mencetak gol dalam dua laga terakhirny­a di Kualifikas­i Piala Dunia 2018 Zona UEFA. Dua gol ke Luksemburg pada 26 Maret lalu dan satu gol di balik kekalahan Prancis dari Swedia pada 10 Juni lalu. Hanya, Giroud mengingink­an rekan-rekannya juga berusaha memenangi laga ketika dirinya berupaya mencetak gol. Itulah pelajarann­ya dari Solna.

’’Belanda tak jauh berbeda dengan Swedia. Apalagi, mereka datang dengan kualitas dan ambisi yang berbeda di Stade de France. Terserah kita mampu memenangin­ya atau tidak,’’ tutur Giroud dikutip Europe 1 Sports.

Berdasar statistik penam pilannya di level klub, Giroud dan Alexandre Lacazette samasama baru mencetak satu gol. Sebaliknya, Ky li an Mbappe tidak bisa mencetak satu gol pun bagi klubnya, AS Monaco. (ren/c14/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia