Jawa Pos

Tiket Kapal Hari Ini Habis

Besok Pelayaran ke Bawean Libur

-

GRESIK – Dua unit kapal penumpang tujuan Pulau Bawean berangkat dari Pelabuhan Gresik kemarin (30/8). Dua kapal itu mengangkut total 650 orang. Pukul 06.00 kapal Natuna Express (NE) berangkat dari Pelabuhan Gresik. Kapal itu mengangkut 260 penumpang dari kapasitas kapal 250 tempat duduk.

Berselang dua jam, giliran Express Bahari (EB) 8E yang menyusul. Seluruh kursi 390 penumpang telah penuh. EB adalah kapal tambahan yang dikerahkan Dinas Perhubunga­n (Dishub) Gresik untuk melayani penumpang yang berencana merayakan Idul Adha di Pulau Bawean. Hari ini (31/8) seluruh seat juga penuh.

Penumpang tujuan Pulau Bawean membeludak karena sebelumnya perairan Gresik dilanda cuaca buruk. Bahkan, cuaca tidak bersahabat itu menelan satu kapal, yaitu KLM Fadli Indah. Kapal kayu yang mengangkut 92 mesin perahu bantuan Kementeria­n Perikanan dan Kelautan, puluhan ton semen, asbes, serta genting itu tenggelam di Perairan Pulau Bawean pada Kamis petang (24/8). Enam awak kapal selamat.

Siti Faradisa, tenaga kerja perempuan Indonesia (TKPI) di Malaysia, menyatakan bahwa dirinya bersyukur bisa mudik dan merayakan Hari Raya Idul Adha di Pulau Bawean. ”Sudah 3 tahun tidak pulang. Alhamdulil­lah, sekarang bisa pulang,” tutur perempuan 24 tahun asal Desa Teluk Jatidawang, Kecamatan Tambak, tersebut. Siti bersama neneknya berlayar ke Bawean dengan naik EB 8E.

Kasi Angkutan Laut Dishub Gresik Muhammad Amri mengungkap­kan, setelah cuaca buruk, pihaknya menambah jadwal kapal untuk melayani masyarakat yang hendak ke Pulau Bawean. Setiap hari, selama dua hari, ada satu tambahan kapal. Karena itu, dua kapal penumpang bisa berangkat. ”Dua kapal belum bisa menampung seluruh penumpang. Besok (hari ini, Red) dua kapal juga berangkat,” katanya saat ditemui di Pelabuhan Gresik kemarin.

Transporta­si penumpang dari Pelabuhan Gresik tujuan Pulau Bawean dan sebaliknya pada Hari Raya Idul Adha berhenti. Libur. Aktivitas kembali normal pada H+1 Idul Adha. Namun, hanya satu kapal yang melayani penumpang. ( yad/c16/dio)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? AKHIRNYA PULANG: Penumpang antre masuk kapal Express Bahari 8E di Pelabuhan Gresik kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS AKHIRNYA PULANG: Penumpang antre masuk kapal Express Bahari 8E di Pelabuhan Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia