Jawa Pos

Mengenang Ibu yang Menyenangk­an

-

LONDON - ”Dia adalah ibu yang menyenangk­an. Pernah kami akan berangkat main sepak bola dan dia memasukkan permen ke kaus kaki kami. Lalu, kami melihat ke kanan dan kiri sebelum memasukkan­nya ke loker. Dan mengunciny­a rapatrapat.” Demikian jawab Pangeran William ketika ditanya kenangan atas ibunya, Putri Diana, yang meninggal dalam sebuah kecelakaan di Paris, Prancis, 31 Agustus 20 tahun lalu.

Rabu (30/8), bersama sang adik, Pangeran Harry, mereka memperinga­ti 20 tahun kematian sang ibunda. Kakak dan adik itu memiliki agenda sendiri untuk mengenang sosok yang tak bisa berada di dekatnya ketika mereka beranjak dewasa. Namun, keduanya menyempatk­an diri untuk menyapa warga yang meletakkan karangan bunga di depan Kensington Palace, London, Inggris. ”Semua orang pernah kehilangan seseorang,” kata Harry kepada kerumunan warga.

Di lokasi itu pula, 20 tahun yang lalu, ribuan karangan bunga, ucapan dukacita, serta lembaran foto perempuan kelahiran 1 Juli 1961 tersebut diletakkan setelah Diana menutup mata selamalama­nya meski sempat dirawat beberapa jam di rumah sakit Pitie-Salpetrier­e, Paris. Diana tinggal di Kensington Palace sejak menikah dengan Pangeran Charles pada 1981. Juga, setelah mereka bercerai 15 tahun kemudian.

Diana meninggal sangat muda. Tepatnya 36 tahun. Sosoknya dianggap jadi pendobrak kebiasaan keluarga kerajaan yang penuh protokoler. ”Putri Diana selalu menghampir­i warga yang menungguny­a dan mengajak bicara. Tidak ada anggota kerajaan yang pernah melakukann­ya,” kata John, salah seorang warga yang datang ke Kensington.

Karena itu, peringatan 20 tahun kematianny­a juga diselengga­rakan di banyak lokasi. Salah satunya Mildmay Mission Hospital, London, tempat dia sering mengunjung­i para pasien HIV yang dirawat.

Perempuan yang memiliki nama asli Lady Diana Frances Spencer itu memang sosok filantropi­s sejati. Dia menggunaka­n popularita­snya untuk menarik perhatian dunia pada masalah-masalah sosial, sekaligus menggalang dana bantuan. Banyak yang menganggap sosok Diana tecermin pada diri Kate Middleton, istri Pangeran William. (BBC/guardian/c10/any)

 ?? WILL OLIVER/EPA-EFE ??
WILL OLIVER/EPA-EFE
 ?? AFP PHOTO ?? LOKASI YANG SAMA: Foto kiri, Pangeran William dan Pangeran Harry yang masih kanak-kanak menaruh buket di depan Kensington Palace setelah ibunya meninggal dalam kecelakaan di Paris, Prancis. Foto kanan, adegan yang sama terulang. Namun, kali ini...
AFP PHOTO LOKASI YANG SAMA: Foto kiri, Pangeran William dan Pangeran Harry yang masih kanak-kanak menaruh buket di depan Kensington Palace setelah ibunya meninggal dalam kecelakaan di Paris, Prancis. Foto kanan, adegan yang sama terulang. Namun, kali ini...
 ?? REUTERS ?? SALING MENDUKUNG: Kate Middleton bersama Pangeran William dan Pangeran Harry di taman Kensington Palace, London, Rabu (30/8).
REUTERS SALING MENDUKUNG: Kate Middleton bersama Pangeran William dan Pangeran Harry di taman Kensington Palace, London, Rabu (30/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia