Jawa Pos

Kirim Bomber dan Jet Siluman

-

ASA–Di tengah ancaman Korea Utara untuk membidik Guam dengan misilnya, Amerika Serikat (AS) malah menambah ketegangan S Semenanjun­g Korea. Kemarin (31/8) Presiden Do Donald Trump mengerahka­n enam pesawat militerl ke lokasi latihan militer gabungan dengan Korea Selatan (Korsel). Hal itu kontras dengan pernyataan Menteri Pertahanan James Mattis yang menegaskan bahwa AS akan tetap menempuh jalur diplomatik.

”Solusi diplomatik untuk krisis nuklir Korea Utara (Korut) akan tetap menjadi pertimbang­an kami,” kata Mattis. Sebelumnya, Trump mencuit lewat akun @realDonald­Trump bahwa perundinga­n bukanlah jalan keluar bagi krisis nuklir Korut. Taipan 71 tahun itu lebih condong terhadap aksi militer. Namun, Rusia dan Tiongkok mengimbau AS tidak gegabah. Sebab, aksi militer bisa memantik perang.

Kemarin latihan gabungan AS dan Jepang yang bertajuk Ulchi-Freedom Guardian alias UFG berakhir. Menjelang penutupan, AS mengerahka­n dua pesawat pengebom B-1B dari Pangkalan Militer Andersen di Kepulauan Guam ke Semenanjun­g Korea. Dari arah lain, empat pesawat siluman F-35 dari Pangkalan Udara Iwakuni milik Korps Marinir AS di Jepang juga menuju lokasi latihan militer gabungan.

Meramaikan parade jet militer AS itu, Korsel menerbangk­an empat pesawat militer ke lokasi yang sama. ”AS dan Korsel melakukan latihan pertahanan udara dengan melibatkan sejumlah jet tempur untuk menyikapi provokasi berulang Korut lewat peluncuran rudalnya,” terang jubir militer Korsel. Dalam latihan rutin tersebut, AS dan Jepang juga melakukan simulasi serangan ke Korut.

Ketegangan di Semenanjun­g Korea tersebut ditanggapi Tiongkok dengan serius. Dalam jumpa pers, Jubir Kementeria­n Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying menegaskan bahwa latihan gabungan yang sebagian besar agendanya adalah simulasi serangan Korut itu tidak salah. Apalagi, ancaman Korut sudah semakin nyata. ”Namun, kami tetap berharap semuanya bisa selesai dengan damai,” ujarnya. (AFP/Reuters/BBC/CNN/hep/c21/any)

 ?? AFP PHOTO ?? UNJUK KEKUATAN: Misil balistik kelas menengah diluncurka­n AS dari Kauai, Hawaii, Selasa (29/8) atau bersamaan dengan uji coba misil Korut yang melintasi wilayah udara Jepang.
AFP PHOTO UNJUK KEKUATAN: Misil balistik kelas menengah diluncurka­n AS dari Kauai, Hawaii, Selasa (29/8) atau bersamaan dengan uji coba misil Korut yang melintasi wilayah udara Jepang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia