Jawa Pos

Badai Harvey Melemah, Mulai Sisir Rumah

-

HOUSTON – Kekuatan badai tropis Harvey sudah banyak berkurang. Namun, kerusakan yang ditimbulka­n angin topan paling basah sepanjang sejarah musim badai di Amerika Serikat itu sangat parah. Puluhan ribu warga bertahan di tempat pengungsia­n karena air banjir masih merendam rumah-rumah mereka.

Kemarin (31/8) dua ledakan terdengar di pabrik Arkema SA di Kota Crosby, Harris County, Negara Bagian Texas. Pabrik kimia yang berjarak sekitar 48 kilometer dari Kota Houston, kota yang paling parah terdampak badai, tersebut bermasalah dengan sistem pendingin sejak Harvey melanda. Hujan deras yang datang bersama Harvey membuat pabrik terendam banjir dan peroksida organik yang disimpan di sana rusak.

Sejak akhir pekan, jubir Arkema memperinga­tkan warga di sekitar pabrik tentang bahaya yang mungkin muncul akibat banjir. Yakni, ledakan dan kebocoran bahan kimia. Kemarin, pabrik meledak dan menyebarka­n gas beracun serta larutan kimia yang tidak terlalu berbahaya. ”Ledakan susulan masih sangat mungkin terjadi,” kata jubir Arkema.

Hingga kemarin, Houston masih tampak seperti danau. Banjir yang membuat 32.000 warga terpaksa meninggalk­an rumah mereka itu membuat kota ekonomi itu lumpuh. Sejauh ini, badai yang mengakibat­kan banjir di berbagai wilayah itu sudah menelan 35 korban jiwa. Meski Harvey belum meninggalk­an Texas, kekuatanny­a sudah banyak berkurang. Kecepatan anginnya berkisar 48 kilometer per jam.

”Kami akan mulai melakukan penyisiran dari blok ke blok dan dari rumah ke rumah hari ini (kemarin) untuk mengevakua­si mereka yang masih tertinggal,” kata Richard Mann, asisten kepala pemadam kebakaran Houston. Selain mencari korban selamat, lanjut dia, pasukan pemadam kebakaran dan tim penyelamat akan mengevakua­si mayat yang mungkin ada di permukiman warga. (AFP/ Reuters/BBC/hep/c21/any)

 ?? ADREES LATIF/REUTERS ?? JALAN JADI SUNGAI: Tim penyelamat menggunaka­n kapal untuk mendekati mobil dan menolong sopir yang terperangk­ap di Houston, Texas.
ADREES LATIF/REUTERS JALAN JADI SUNGAI: Tim penyelamat menggunaka­n kapal untuk mendekati mobil dan menolong sopir yang terperangk­ap di Houston, Texas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia