Jawa Pos

Mencari Bintang Baru

-

PAVEL Nedved, Petr Cech, Tomas Rosicky, dan Karel Poborsky adalah sederet bintang dari generasi emas Republik Ceko saat menjadi finalis Euro 1996. Tapi, setelah lebih dari satu dekade, satu per satu generasi emas itu gantung sepatu. Alhasil, kini Ceko membangun generasi baru, mencari bintang baru.

Di antara 23 pemain dalam skuad asuhan Karel Jarolim yang dipersiapk­an menghadapi Jerman, nyaris tidak ada pemain ngetop. Vladimir Darida sebagai pemain dengan caps terbanyak (45 caps) di skuad saat ini, misalnya. Gelandang yang disebut media-media Ceko sebagai calon suksesor Rosicky itu hanya berlaga di klub medioker Bundesliga, Hertha Berlin.

” Vladi (panggilan Darida, Red) tidak ingin disejajark­an dengan Rosicky karena itu memberikan tekanan besar baginya,” jelas bek kiri Ceko Theodor Gebre Selassie seperti dilansir Sportschau. Gebre Selassie adalah satu-satunya pemain berusia 30 tahun di skuad Ceko sekarang.

Ceko sebenarnya memiliki Patrik Schick. Penyerang 21 tahun tersebut naik daun di Serie A setelah dipinjam AS Roma dari Sampdoria musim ini dengan opsi transfer permanen yang mencapai EUR 42 juta atau Rp 721,6 miliar. Namun, Jarolim tidak memanggiln­ya dan lebih memilih striker debutan Brondby Jan Kliment. (ren/c25/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia