Jawa Pos

Bupati Emil dan Arumi Naik Kereta Garuda Kencana

-

TRENGGALEK – Prosesi puncak Hari Jadi Ke-823 Trenggalek kemarin (31/8) berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Itu terlihat dari keikutsert­aan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak beserta sang istri Arumi Bachsin dan kedua anaknya yang menaiki kereta kencana. Didatangka­n dari Keraton Solo, kereta tersebut ditarik delapan kuda.

Kereta kencana dengan nama Garuda Kencana itu digunakan sejak 1888 dan pernah dinaiki Presiden Joko Widodo. Kedatangan kereta kencana tersebut diharapkan semakin mempe rerat hubungan antara Trenggalek dan Solo. ” Kereta ini merupakan inisiatif dari sahabat kami dan syukurlah bisa terwujud,” ucapnya.

Emil melanjutka­n, perayaan hari jadi semacam itu dilakukan untuk melestarik­an tradisi leluhur dan mengingatk­an bahwa masyarakat Trenggalek merupakan suku bangsa yang memiliki karakter baik. Karena itu, untuk menjaga kesakralan acara, seluruhnya digunakan berdasar adat Jawa. Misalnya pidato yang disampaika­n bupati dengan bahasa Jawa.

”Pastinya pidato bahasa Jawa yang saya sampaikan ini lebih baik daripada tahun sebelumnya. Semoga saja perayaan hari jadi ini bisa menjadi momen spesial bagi masyarakat Trenggalek untuk lebih maju lagi,” harapnya.

Dengan perayaan hari jadi ke-823, diharapkan Trenggalek bisa maju dalam segala hal. Baik dari sisi perekonomi­an, sosial, maupun karakter masyarakat. Selain itu, dengan usia yang semakin matang, Trenggalek diharapkan bisa menjadi daerah yang lepas landas, daerah makmur. Bukan hanya di perut, tapi juga di batin seluruh masyarakat.

Untuk itu, baru-baru ini Pemkab Trenggalek bekerja sama dengan Universita­s Brawijaya Malang melaksanak­an Soetran Awards untuk desa paling inovatif. Hal itu telah disampaika­n ke Ditjen Pembanguna­n Kawasan Pedesaan dan mendapat apresiasi karena merupakan kabupaten/kota pertama yang memberikan penghargaa­n bagi pemdes inovatif. (jaz/and/c9/diq)

 ?? ZAKI JAZAI/JAWA POS RADAR TRENGGALEK ?? SEMOGA BERKAH: Bupati Emil beserta istri dan kedua anaknya ikut pawai dengan menaiki kereta kencana dari Solo.
ZAKI JAZAI/JAWA POS RADAR TRENGGALEK SEMOGA BERKAH: Bupati Emil beserta istri dan kedua anaknya ikut pawai dengan menaiki kereta kencana dari Solo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia