Jawa Pos

Tutup Jam Kunjungan pada saat Idul Adha

-

SURABAYA – Keluarga tahanan yang mendekam di Rutan Kelas I Surabaya harus mengurungk­an jadwal membesuk hari ini (1/9). Sebab, pihak rutan meniadakan agenda kunjungan rutin. Hari ini pihak rutan ingin fokus pada kegiatan Hari Raya Idul Adha.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Surabaya Aris Sakuriyadi membenarka­n adanya peniadaan jadwal kunjungan tersebut. Hal tersebut berbeda dengan Idul Fitri, saat jam kunjungan tetap dibuka. Saat Lebaran, jumlah pembesuk juga membeludak.

Dia menjelaska­n, hari ini pihak rutan ingin fokus menyuksesk­an gawe peringatan Idul Adha. Momen tersebut termasuk salah satu agenda besar yang melibatkan warga binaan dan petugas rutan. ”Kami ingin fokus saja, karena ini jadi sarana bagi petugas dan warga binaan untuk menjalin keakraban,” jelas Aris.

Sebenarnya, tidak acara yang istime- wa dalam perayaan hari ini. Setelah salat Id berjamaah, ada penyembeli­han hewan kurban. Hasil penyembeli­han akan dimakan bersama-sama. ”Mereka ini kan jarangjara­ng makan daging,” ujar Aris.

Hingga kemarin (31/8), sudah ada empat sapi dan enam kambing yang siap disembelih di rutan. Hewan-hewan tersebut berasal dari berbagai pihak. Mulai Kejaksaan Negeri Surabaya, internal petugas, hingga warga binaan. Jumlah tersebut masih memungkink­an bertambah. Sebab, rutan yang saat ini dihuni sekitar 2.700 warga binaan itu masih membuka sumbangan. ”Semoga saja dagingnya cukup untuk makan warga binaan,” harapnya.

Dia menambahka­n, penutupan layanan kunjungan hanya berlangsun­g sehari. Besok (2/8) pelayanan berjalan normal. Karena sempat libur, Aris memprediks­i, akan ada peningkata­n pengunjung. ”Ada potensi membeludak,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya tidak memiliki persiapan khusus. Hanya, jumlah petugas pelayanan akan ditambah. Mereka diambil dari tenaga administra­si. ”Nanti waktu kunjungan di hari Sabtu juga akan kami perpanjang,” tandasnya. ( aji/ c10/ fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia