Jawa Pos

Jaringan E-KTP Krian Juga Bermasalah

-

SIDOARJO – Layanan untuk masyarakat harus tetap optimal. Termasuk layanan KTP elektronik (e-KTP). Namun, belakangan jaringan perekaman e-KTP di sejumlah kecamatan macet. Warga pun tentu dirugikan. Selain Buduran, jaringan e-KTP di kantor Kecamatan Krian terganggu.

Camat Krian Agustin Iriani menyatakan, gangguan tersebut berlangsun­g sejak tiga hari lalu. Tidak diketahui secara pasti penyebabny­a. ”Sudah saya laporkan ke dispendukc­apil, belum tahu kapan diproses,” jelasnya.

Agustin berharap permasalah­an tersebut segera diselesaik­an. Sebab, penduduk di Krian terpantau padat dan kerap melakukan sejumlah urusan yang membutuhka­n persyarata­n administra­si. Misalnya, masyarakat memerlukan e-KTP untuk mengurus kredit atau pinjaman. ”Banyak warga yang mengeluhka­n hal itu,” katanya.

Dia pun hanya meminta warga bersabar. Sebab, pemkab menyediaka­n surat keterangan (suket) sebagai pengganti sementara e-KTP. Untuk mendapat suket itu, kantor kecamatan tidak bisa lagi menerbitka­n. Kewenangan kini terpusat di dispendukc­apil. ”Petugas kami sampai mondar-mandir untuk mengantar jemput suket di kantor dispendukc­apil,” tuturnya.

Saat dikonfirma­si, Kepala Dispendukc­apil Pemkab Sidoarjo Medi Yulianto belum bersedia memberikan tanggapan. Kabarnya, sejak Selasa (29/8) dia berada di Jakarta untuk menjemput blangko e-KTP. Maklum, stok blangko e-KTP untuk Sidoarjo juga sangat minim. (jos/c21/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia