Jawa Pos

Susun Donat Piramida dan Tower

-

GRESIK – Banyak kalangan yang menyukai donat. Namun, tampilan menarik bisa membuat orang makin berminat untuk mencobanya. Itulah yang dilakukan Asty Nayu Rossanda. Dia menambahka­n topping lucu yang dilukis menyerupai karakter tertentu.

Asty melukis bagian atas donat dengan beragam karakter. Di antaranya, Hello Kitty, Doraemon, Keroppi, burung hantu, hingga singa. ’’Awalnya cuman ditaruh berjejer di nampan aja. Terus ada yang pesan donatnya dikreasika­n jadi bentuk yang beda untuk ulang tahun,’’ imbuhnya.

Itulah yang membuat ibu dua anak tersebut tertantang membentuk sajian kue ulang tahun dari donat yang belum ada di Kota Pudak. Tercetusla­h donat tower dan piramida. Asty membuat donat karakter berukuran mini dengan diameter hanya 4 sentimeter. Kemudian, roti bundar berlubang di tengah tersebut disusun menjadi bentuk tower dan piramida. ’’Untuk yang bentuk tower, panjangnya 40–50 sentimeter. Butuh kurang lebih 80–90 donat mini,’’ katanya. Roti bertekstur padat seperti

diperlukan sebagai fondasi. ’’Harus yang padat. Kalau roti yang teksturnya empuk,’’ ujar perempuan 33 tahun itu. Untuk menyusun bentuk piramida, tidak diperlukan roti bertekstur padat. Dibutuhkan sekitar 70 donat untuk piramida setinggi 40 sentimeter. Untuk menutup bagian yang renggang antar tumpukan donat, Asty memilih menambahka­n butter cream. ’’Kemudian, tinggal ditancapka­n tulisan happy birthday, lilin, atau tulisan tertentu sesuai kebutuhan di atas donat tower atau piramida,’’ ucapnya. ( hay/c19/dio)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? brownies
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS brownies

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia