Jawa Pos

Momen Terapi Sosial ABK

-

GRESIK – Para anak berkebutuh­an khusus (ABK) tidak mau ketinggala­n merayakan Idul Adha. Hari ini (1/9) 50 ABK dilibatkan dalam penyembeli­han hewan kurban di Resource Center.

Ada empat kambing yang disembelih. Hewan kurban tersebut sumbangan dari salah satu organisasi masyarakat (ormas) dan instansi pendidikan di Surabaya. ”Ini baru pertama kali dilaksanak­an,” ujar Ketua Panitia Kurban Resource Center Nadia Rufaidah kemarin (31/8).

Nadia mengatakan, selain melihat proses menyembeli­h, para ABK diajak untuk membagikan daging kurban kepada warga. Sasarannya warga di lingkungan Resource Center di Jalan Proklamasi.

Menurut dia, keterlibat­an ABK merupakan bagian dari terapi. Anak-anak dilibatkan secara langsung. Dengan begitu, para ABK bisa berbaur dengan lingkungan masyarakat. Itu penting untuk membentuk mental anak-anak.

Kepala Resource Center Innik Hikmatin mengatakan, terapi sosial untuk ABK diperlukan. Salah satunya bisa dilakukan melalui kegiatan bermasyara­kat. Anak-anak diajari bersosiali­sasi dan berinterak­si dengan orang sekitar. Termasuk berbagi dengan sesama. Hal itu, menurut dia, bisa memupuk jiwa sosial anak. Selain menumbuhka­n simpati, cara tersebut membuat ABK bisa lebih percaya diri ketika berada di tengah masyarakat. ( adi/c11/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia