Jawa Pos

Butuh Ekosistem Kuat

-

DIBESARKAN di Jakarta, Sonita Lontoh mengambil studi di Berkeley, AS. Setelah lulus, dia membangun perusahaan game online yang berbasis di Bay Area dan Beijing. Dua tahun kemudian, dia menjual perusahaan­nya. Setelah kemudian bekerja di beberapa perusahaan teknologi dan kuliah lagi, dia meraih gelar master di bidang teknik dan pemasaran dari MIT dan Kellogg. Sonita pun kemudian berkarir menjadi eksekutif Internet of Things (IOT) yang fokus pada sektor industri dan energi.

Sonita masih menjalin hubungan erat dengan tanah airnya. Dia juga membantu perusahaan-perusahaan dari Silicon Valley ke Indonesia, memfasilit­asi kunjungan antarnegar­a yang dilakukan para pengusaha dari kedua negara untuk saling belajar. Program tur tersebut dinamakan Aliansi Teknologi SVA (SVA Tech).

SVA Tech juga membawa penggiat start-up dari Asia Tenggara ke Bay Area (area metropolit­an di Teluk San Francisco, AS, termasuk Silicon Valley di dalamnya, Red) untuk bertemu para inkubator, modal ventura, serta penggiat start-up lainnya. Beberapa perusahaan yang telah mengikuti tur itu, misalnya, Bukalapak dan Happy 5.

Para pengusaha dari perusahaan­p erusahaan tersebut belajar tentang pengembang­an teknologi dan memperluas basis investor.

”Saya percaya, hal yang paling penting untuk dipelajari para pebisnis start-up dari Silicon Valley adalah cara untuk tumbuh besar dengan cepat,” katanya.

Ditanya tentang apa yang bisa membuat start-up Indonesia berkembang, dia menjawab ada dua hal. Pertama, yang bisa meningkatk­an layanan perusahaan berbasis teknologi seperti teknologi, logistik, dan ekosistem start-up yang kuat.

Hal kedua adalah aturan pemerintah. Investor dan pengusaha baru bisa berkembang jika ada regulasi yang jelas. ”Investor asing sering kali ragu untuk berinvesta­si karena aturan mainnya tidak selalu jelas,” ujarnya. Ketika sudah jelas pun, terkadang aturan itu berubah di tengah jalan. (rin/c17/sof)

 ?? Sonita Lontoh Vice President of Strategic Marketing Siemens-Digital Grid ??
Sonita Lontoh Vice President of Strategic Marketing Siemens-Digital Grid

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia