Jawa Pos

Industri Penyamakan Terangkat Musim Dingin

-

SURABAYA – Pasokan industri penyamakan kulit di Jawa Timur diuntungka­n dengan momen Idul Adha. Sebab, pasokan bahan baku melonjak empat sampai lima kali lipat jika dibandingk­an dengan hari biasa. Kondisi tersebut diperkirak­an bertahan hingga tiga minggu ke depan.

Meski pasokan bahan baku meningkat, pembina Asosiasi Penyamakan Kulit Indonesia (APKI) Jawa Timur Sutjipto Hartono menyatakan, kelebihan pasokan bahan baku tak berdampak pada penjualan kulit samakan. Alasannya, pasar ekspor sedang tidak dalam peak seasons. ’’Permintaan dalam negeri juga menurun,’’ paparnya kemarin (1/9).

Pasar ekspor selama ini menjadi andalan industri penyamakan kulit. Sebab, kontribusi­nya mencapai 70 persen dari total penjualan industri penyamakan kulit Jawa Timur. Sekitar 90 persen dari pasar ekspor disumbang Eropa.

Di Benua Biru, sekitar 90 persen kulit samakan dari Indonesia digunakan untuk industri alas kaki. Meski di dalam negeri mengalami kontraksi, pada semester I lalu industri penyamakan kulit di Jawa Timur mampu menikmati kenaikan permintaan 50 persen jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Peningkata­n permintaan dari pasar ekspor terjadi karena industri alas kaki di Eropa tumbuh bagus. (vir/c22/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia