Jawa Pos

Rumah Baru untuk 40 KK

-

KORBAN longsor Banaran, Pulung, bakal segera menempati rumah baru, setidaknya dalam sepekan ke depan. Pembanguna­n 40 hunian tetap (huntap) korban bencana longsor di Desa Banaran itu ditargetka­n selesai dalam hitungan hari.

”Semuanya mulai dibangun. Ada yang sudah selesai. Sisanya, rata-rata mencapai 90 persen,” ujar Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto.

Perinciann­ya, 13 huntap sudah jadi 100 persen. Bahkan, masyarakat telah menempatin­ya. Padahal, bangunan tersebut, lanjut dia, belum diserahter­imakan. Kebanyakan masyarakat tidak sabar dan ingin segera pindah dari hunian sementara (huntara).

Slamet sangat tak heran karena masyarakat sudah lumayan lama tinggal di sana. Huntara cukup dingin lantaran hanya berdinding papan. Ruangannya juga kelewat sempit jika harus ditempati satu keluarga. ”Ini sedang kami kebut. Dalam minggu ini selesai,” katanya sambil menyebut ada 27 rumah yang masuk tahap akhir.

Dia tak membantah pengerjaan molor dari jadwal. Pihaknya menargetka­n pembanguna­n selesai pada akhir Agustus. Namun, target itu, terang Slamet, dipastikan gagal. Penyebabny­a beragam. Mulai material hingga padatnya kegiatan.

Material dikirim secara bertahap. Sebab, aksesnya sulit, nyaris tidak mungkin untuk kendaraan besar. Padahal, ada beragam jenis material yang harus dikirim. Bahkan sempat harus menunggu. (agi/irw/c24/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia