Jawa Pos

Total Pendaftar 1,14 Juta

-

JAKARTA – Tuntas sudah masa pendaftara­n CPNS baru 2017. Setelah dibuka selama sebulan penuh, jumlah pendaftar mencapai 1.146.853 orang. Padahal, lowongan CPNS yang tersedia hanya ada di Kementeria­n Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) serta Mahkamah Agung (MA).

Dari jumlah pelamar tersebut, yang mendaftar ke Kemenkum HAM mencapai 1.116.138 orang. Paling banyak pelamar untuk formasi penjaga tahanan yang mencapai 634.131 orang (kuota 13.720 kursi). Terbanyak kedua adalah pendaftar formasi analisis keimigrasi­an pertama, yakni 171.880 orang (kuota 2.049 orang).

Sementara itu, ada dua formasi yang pendaftarn­ya hanya dua orang. Yakni formasi dokter spesialis kulit dan kelamin serta formasi dokter spesialis anestesi pertama. Kuota untuk tiap-tiap formasi tersebut hanya satu kursi. Dengan demikian, perebutan kursi hanya terjadi di dua formasi pelamar.

Sementara itu, pelamar di MA tercatat ada 30.715 orang, seluruhnya hanya untuk mengisi formasi calon hakim. MA membuka lowongan calon hakim untuk tiga kategori. Yakni kategori umum dengan kuota 1.484 kursi, kategori putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 32 kursi, dan kategori pelamar lulusan terbaik sejumlah 168 kursi.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaia­n Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaska­n, setelah masa pendaftara­n, pelamar memasuki tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Seleksi tersebut berbasis komputer ( computer assisted test/ CAT).

Jadwal ujian tulis untuk kelompok S-1 digelar pada 11–16 September. Selanjutny­a, hasil kelulusan SKD diumumkan pada 20 September. Untuk kelompok D-3, SKD berbasis komputer digelar pada 25 September sampai 3 Oktober. Pengumuman kelulusann­ya 4 Oktober. (wan/c9/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia